ANG SAN MEI. SHANGHAI — Suning, raksasa bisnis yang merupakan perusahaan swasta terbesar kedua di Tiongkok dan pemilik Suning.com, perusahaan ritel yang masuk dalam daftar Fortune Global 500, akan memamerkan gerai otomatis tanpa manusia ‘Biu’ di ajang CES Asia 2018, mempertunjukkan berbagai inovasi terkini dalam bidang Smart Retail dan Smart Home.

Didukung Big DataFacial Recognition dan Radio Frequency Identification (RFID), gerai swalayan pertama Suning diluncurkan di Nanjing pada Agustus 2017.




Sebagai pelaku industri pertama yang mengusung konsep gerai ritel tanpa manusia dalam praktik bisnis, Suning menampilkan Biu Storeuntuk pertama kalinya di pentas internasional saat CES 2018 berlangsung di Las Vegas pada awal tahun ini. Aksi tersebut menarik perhatian ribuan pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Perusahaan saat ini mengelola lima gerai tanpa manusia di Tiongkok, yakni di NanjingBeijingShanghai dan Chongqing.

Pada minggu ini di CES Asia, Suning memperagakan berbagai inovasi terkini dalam bidang Smart Retail dan memamerkan pengalaman revolusioner untuk menghadirkan sejumlah layanan dan produk teknologi yang mutakhir (intelligent) dalam sebuah ekosistem. Dibandingkan dengan gerai pop-up tanpa manusia yang dipertunjukkan di Las Vegas, Suning memperbarui stan pamerannya di CES Asia dan tampil dalam versi terbaru, menghadirkan pengalaman yang lebih praktis dan beraneka ragam untuk perangkat konsumsi Smart Retail.

Sejumlah perangkat itu termasuk Anywhere AR dari Suning, yang membantu konsumen dalam menempatkan produk virtual dalam kondisi nyata untuk mengambil keputusan belanja dengan lebih efisien; Smart Sue Shopping Assistant, menghadirkan panduan berbelanja bagi konsumen lewat interaksi teks dan suara; serta Smart Shelves, menyatukan indera gravitasi dan teknologi face recognition untuk mendukung pembayaran otomatis dan rekomendasi berbelanja yang sesuai kebutuhan.

Sejumlah produk Suning yang terkemuka dalam smart logistics juga dipamerkan di lokasi, termasuk pesawat nirawak (drone) untuk pengantaran barang, mobil swakemudi pengantaran barang, robot AGV serta Sharing Express Box yang dikembangkan sendiri oleh Suning. Selain itu, terminal mutakhir Smart Home dari Suning seperti PPTV dan Magic Mirror menghadirkan wawasan yang menjadi pelopor dalam pengalaman smart life dalam masa mendatang.

Qiao Xinliang, Executive Vice President, Suning Technology serta General Manager, Suning Data Cloud Company bilang: “Solusi Smart Retail dari Suning sebagian besar bergantung pada pengolahan data aspek-aspek ritel dan pemutakhiran (intelligentization) kegiatan operasional ritel. Berdasarkan pengalaman belanja barang mewah dari Omni-channel retail, Suning telah meletakkan dasar yang baik dalam cloud computing, IoT dan AI, agar melayani konsumen dengan lebih baik lagi dan terus meningkatkan layanannya. CES Asia akan menjadi wadah bagi berbagai orang untuk menyaksikan berbagai produk dan layanan inovatif Suning.”

Pada 13 Juni 2018, forum bertema “Created in China” digelar oleh Suning dan China Household Electric Appliance Research Institute, di CES Asia. Acara ini menjajaki berbagai tren industri elektronik di Tiongkok, dan Sun WeiminVice Chairman, Suning, telah berpidato dalam forum tersebut dengan topik tentang pengalaman Smart Retail dari Suning.







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.