KEMERIAHAN PAWAI TAKBIRAN KENDARAAN HIAS

0
514

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu (Ir H T Erry Nuriadi) bersama Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1Syawal 1439 H di JL. Pulau Penang Medan [Kamis 14/6].

Pawai yang diikuti ratusan kenderaan hias yang berasal dari kelurahan, kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan berlangsung cukup meriah. Pawai ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan untuk melantunkan asma Allah SWT untuk merayakan kemenangan usai sebulan penuh berpuasa.




Pelepasan pawai takbiran kenderaan hias ditandai dengan pemukulan bedug. Setelah itu satu persatu kenderaan hias berjalan melewati panggung kehormatan untuk selanjutnya menyusuri rute yang telah ditetapkan sambil terus melantunkan kalimah takbir.

Pawai takbiran kenderaan hias ini mendapat apresiasi warga. Lebih seribuan warga datang membawa anggota keluarga berkerumun di seputaran Lapangan Merdeka guna menyaksikan pelepasan pawai kenderaan hias yang kental dengan motif bernuansa Islami tersebut.

Dalam sambutan singkatnya, Gubsu atas nama pribadi dan seluruh unsur Forkopimda Sumut menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H kepada seluruh warga Sumut, terutama Kota Medan. Gubsu mengajak semua untuk menjadikan hari kemenangan ini untuk mensucikan diri seperti bayi yang baru dilahirkan. “Ibarat kertas putih yang polos tanpa noda sedikit pun,” kata Gubsu.

Selanjutnya Gubsu juga menjadikan momen itu untuk pamit kepada seluruh masyarakat Sumut, sebab masa tugasnya bersama Wagubsu telah berakhir. Diharapkannya, masyarakat Sumut senantiasa kompak dan terus menjaga kekondusifan Sumut. Apalagi sebentar lagi masyarakat akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubsu dan Wagubsu periode 2018-2023.

“Jangan jadikan pemilihan itu untuk menebar fitnah sehingga kita terpecah belah. Mari kita terus jaga kekondusifan Sumut,” pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubsu tak lupa mengingatkan kepada seluruh peserta pawai untuk menjaga kedisiplisan berlalu lintas selama pawai berlangsung sehingga sumut, khususnya Kota Medan menjadi contoh ketertiban berlalulintas di Indonesia.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, pawai kenderaan hias ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Selain di seputaran Lapangan Merdeka, pawai kenderaan hias juga dilaksanakan di kawasan Medan Bagian Utara yang dipusatkan di Kecamatan Medan Belawan.




“Untuk kawasan Lapangan Merdeka, peserta pawai berasal dari 17 kecamatan dan OPD, sedangkan pawai di Medan Bagian Utara diikuti empat kecamatan yakni Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Labuhan, ” jelas Wali Kota.

Sama seperti Gubsu, Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh peserta pawai untuk menjaga dan mentaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. “Jangan ugal-ugalan di jalan, selalu jaga ketertiban berlalulintas guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan, ” harapnya.

Selain di seputaran Lapangan Merdeka, Pemko Medan juga menggelar pawai takbiran kenderaan hias di depan Kantor Kejaksaan negeri Belawan. Pelepasan pawai takbiran kenderaan hias dilakukan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi. Pawai takbiran ini diikuti lebih kurang 60 kenderaan hias bernuansakan Islami yang berasal dari empat kecamatan di Medan bagian Utara yakni Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Deli dan Medan Marelan.




Selain kenderaan roda empatm, pawai takbiran kenderaan hias ini juga diikuti masyarakat dengan mengendarai sepeda motor.

Seluruh peserta pawai tampak bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan tersebut sambil terus mengumandangkan takbir diserta dengan tabuhan bedug.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.