Hasil Pilkada Serentak di 2 Desa Karo

0
710

EMMY F. PURBA. KABANJAHE. Hari ini [Rabu 27/6], 171 daerah di Indonesia mengadakan pencoblosan Pilkada serentak untuk pemilihan kepala daerah. Hasil Pilkada di berbagai daerah berbeda-beda. Setiap warga negara memberikan hak suaranya masing-masing dengan tertib. Mereka dianjurkan untuk memilih dengan mengikuti hati nurani.

Berikut ini kami laporkan hasil Pilkada di 2 desa Kabupaten Karo; Desa Sugihen (Kecamatan Juhar) dan Desa Kuta Gugung (Kecamatan Naman Teran).

Bendehara Desa Sugihen (Sumi Ati Br Ginting) menuturkan kepada SORA SIRULO, Pilkada di desanya berjalan dengan aman terkendali mulai dari persiapan TPS dan logistik Pilkada. Lokasi TPS berada si Losd Desa Sugihen sebanyak 2 TPS. Pilkada berlangsung mulai Pukul 07.00 sampai pukul 12.00. Beliau menambahkan, panitia pengurus Pilkada terdiri dari Pemdes, Karang Taruna, Perwakilan Kaum Ibu dan Tokoh Masyarakat.

Menurut data yang kami peroleh dari Kepala Desa Sugihen (Asamta Ginting), jumlah penduduk desa yang memberikan suaranya sebanyak 196 orang. 25 orang diantara memilih Paslon No 1 (Eramas) dan 165 memilih Paslon No 2 (Djoss). Sedangkan 6 orang abstain.

Lain halnya dengan Desa Kuta Gugung (Kecamatan Naman Teran). Menurut Kepala Desa Kuta Gugung (Paskah Ginting), jumlah penduduk desa yang memberikan hak suaranya sebanyak 324 orang dari jumlah penduduk seluruhnya sebanyak 794 orang. Ini berarti hanya 40% penduduk yang memilih. Paskah Ginting menjelaskan bahwa hal ini diakibatkan karena rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pilkada dan kekecewaan mereka terhadap pemerintah yang kurang maksimal dalam menangani musibah Erupsi Gunung Sinabung.

Lokasi TPS berada di SD Inpres Kutarayat dan terbagi atas 2 TPS. Hasil perolehan suara adalah sebanyak 36 orang memilih Paslon No 1, 280 orang memilih Paslon No 2, dan 8 orang abstain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.