PASAR JODOH, SAYUR SEGAR LOKASINYA BECEK (Harga Sayur di Batam Hari Ini)

0
339

Laporan Seriulina Karo Sekali (Batam)

 

Pagi ini [Rabu 27/6], Batam dibasahi hujan rintik-rintik dengan hembusan angin sepoi-sepoi manja. Sedikit malas kaki ini melangkahkan kaki ke Pasar Pagi Jodoh (Batam). Di pikiran, pasti keadaan pasar becek, berlumpur tipis sana sini. Tapi, karena sudah janji ketemu di pasar ini dengan teman seorang ibu rumah tangga yang rajin belanja di pasar tradisional, akhirnya kaki pun melangkah.

“Sayurannya lebih murah dan lebih fresh,” kata ibu ini memberi alasan mengapa dia getol berbelanja di sana meskipun lokasinya kelewat becek.

Terkadang dia harus mendorong barang belanjaan dengan troly jauh ke tempat dia parkir mobil setelah melintasi jalanan berkubang demi mendapat sayuran yang segar dan murah. Biasalah, ibu-ibu lebih suka janjian di pasar daripada di kafe.

Sungguh sangat tidak nyaman sebenarnya belanja di pasar tradisional ini. Mungkin ini salah satu yang harus dibenahi Pemko Batam agar semua pihak dapat melakukan kegiatannya secara nyaman; baik bagi yang berjualan maupun pembeli serta pengendara yang melintas di jalan raya yang sudah menjadi bagian dari pasar ini.

Dari pantauan SORA SIRULO, harga pruduk sayur mayur ada perubahan walaupun tidak banyak, kecuali Brokoli yang 2 minggu lalu hanya Rp. 15 ribu/ Kg naik drastis menjadi Rp. 35 ribu/ Kg. Kita tidak tahu apa yang membuat naiknya begitu drastis. Tidak ada informasi dari penjual yang akurat yang kami dapatkan. Mereka hanya bilang, naik dari sananya.

Menurut informasi dari teman yang tinggal di Berastagi Dataran Tinggi Karo (Sumatera Utara), daerah asal terbesar sayur mayur yang diperdagangkan di Batak (khususnya tomat, cabe, kentang, wortel), harga Brokoli dari petani di Berastagi sekitar Rp. 15 ribu/ Kg. Anda sendiri pembaca yang membandingkan kira-kira sudah wajar harga di Batam Rp. 35 ribu/ kg atau tidak wajar.

Berikut harga sayur mayur hasil pantauan kami di Pasar Pagi Jodoh (Batam):

Cabe merah Rp. 30 ribu/ Kg

Bawang Merah Rp. 30 ribu/ Kg

Bawang Birma Rp. 20 ribu/ Kg

Tomat Rp. 8 ribu/ Kg

Kentang Medan (asal Karo) Rp. 10 ribu/ Kg

Kentang Import (Luar negeri) Rp. 10 ribu

Wortel Medan (asal Karo) Rp. 10 ribu/ Kg

Kentang import Rp. 10 ribu/ Kg

Sayur putih Rp. 8 ribu/ Kg

Sayur baby kailan Rp. 5 ribu/ Kg

Kol Rp. 5 ribu/ Kg

Brokoli Rp. 35 ribu/ Kg.



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.