TAI KWUN DAN JL. DR. SUN YAT-SEN YANG BERSEJARAH

ANG SAN MEI. HONGKONG – Tai Kwun dulunya dijadikan kompleks Kantor Polisi Pusat yang kini telah dipugar. Demikian juga Jalan Bersejarah Dr Sun Yat-sen yang sudah direvitalisasi. Keduanya adalah kawasan budaya di Old Town Central (Pusat Kota Tua) yang akhir-akhir ini telah menjadi tujuan destinasi yang banyak dicari.

Para wisatawan direkomendasikan oleh Hong Kong Tourism Board untuk mengunjungi seraya menjenguk lebih dalam lagi tempat-tempat berbudaya dan bersejarah yang terletak di pemukiman klasik ini.




Tai Kwun

Setelah melewati proses revitalisasi selama lebih dari 1 dekade, Tai Kwun — yang artinya “Stasiun Besar” dalam Bahasa Kanton — akhirnya kembali beroperasi di tengah-tengah kesibukan Pusat Distrik Bisnis kota Hong Kong.

Melalui legenda dan cerita tentang kawasan ini, para pengunjung dapat membenamkan diri ke dalam suasana bersejarah Kota Hong Kong. Rumah bagi 3 monumen — yang dulunya Kantor Polisi Pusat, Pusat Kehakiman dan Penjara Victoria, Tai Kwun — menjadi kawasan yang menyaksikan 170 tahun sejarah kota Hong Kong. Jangan lewatkan kesempatan langka untuk mengintip saat-saat tempat tersebut dijadikan penjara bersejarah. Ho Chi Minh, pemimpin Revolusi Vietnam pada masa itu, pernah dipenjara sekitar tahun 1930-an di sana.

Selain pameran Kesenian Warisan dan Kontemporer yang ada di sepanjang tahun dalam tempat bersejarah ini, pengunjung dapat menikmati pertunjukan-pertunjukan yang telah disiapkan secara. Ini disertai pemandangan menakjubkan dari markas polisi abad ke-19 yang pada saat itu berada di bawah pohon mangga berumur 60 tahun. Lokasinya ada di lapangan parade.

Tai Kwun lebih dari sekadar peninggalan warisan — kawasan ini juga merupakan destinasi untuk semua orang, dari para pecinta kesenian dan kebudayaan, maupun para pengunjung kasual.

Jalan Bersejarah Dr Sun Yat-sen

Jalan Bersejarah Dr. Sun Yat Sen, yang didirikan pada tahun 1996 untuk memperingati pendiri masa modern Tiongkok, memiliki pemandangan yang baru akhir-akhir ini.

Jalan yang telah dipugar menggabungkan elemen-elemen kesenian dengan suasana kebudayaan dan sejarah yang unik di Distrik Central dan Western (Barat). Dengan mengusung tema “perjalanan waktu dari kesenian”, sembilan seniman setempat diundang untuk mentransformasikan 16 lempengan peringatan menjadi instalasi kesenian di sepanjang jalan yang memperkaya karakteristik kebudayaan kota ini.




Teknologi adalah elemen baru lainnya yang dimasukkan ke kawasan yang telah dipugar ini. Para pengunjung dapat mempelajari lebih banyak mengenai peninggalan-peninggalan sejarah yang terkait dengan kawasan ini. Demikian juga dengan ide-ide kreatif dari para seniman dengan menggunakan telepon genggam dengan cara memindai (scanning) kode QR yang terletak di setiap karya seni.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.