Film Tentang Kotta Cinna Menangkan ‘Medan Tourism Video Contest 2018’

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) mengapresiasi langkah Dinas Pariwisata Kota Medan mengajak para sineas mempromosikan Kota Medan melalui karya video dengan menggelar Medan Tourism Video Contest 2018. Sebab, melalui event itu tidak sedikit wisatawan domestik maupun manca negara yang datang mengunjungi Kota Medan.

Dinilai oleh Wali Kota, ide Dinas Pariwisata mengajak para sineas mempromosikan Kota Medan merupakan langkah cerdas yang harus diaparesiasi bersama.




Melalui video, banyak yang bisa disampaikan kepada khalayak yang selama ini tidak bisa dirangkumkan dengan kata-kata, terutama berbagai potensi pariwisata yang ada di Kota Medan. Menurut Wali Kota, berbagai potensi wisata yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara selama ini masih belum maksimal dieksplorasi sehingga tidak banyak mengetahuinya. Oleh karenanya, melalui kegiatan Medan Tourism Video Contest, Wali Kota yakin para sineas yang menjadi pesertanya akan dalam rangkaian video yang sangat menarik.

“Dengan sentuhan para sineas ini, saya yakin mereka mampu mengeksplor lebih detail sehingga sangat menarik bagi yang melihatnya. Tentunya para sineas yang menikuti event ini telah membantu Kota Medan dengan mempromosikan sisi lain dari dunia pariwisata yang ada di kota tercinta ini,” kata Wali Kota dalam acara Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Medan Tourism Video Contest di Hotel Santika Dyandra [Rabu 4/7].

Dalam acara yang dihadiri Kapolrestabes (Kombes Pol Dadang Hartanto), Kakankemenag Kota Medan (H Al Ahyu), sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, camat, pelaku usaha pariwisata, seniman serta budayawan tersebut, Wali Kota mengatakan, video berpotensi menjadi media untuk meningkatkan diplomasi di bidang budaya, ekonomi, pariwisata dan lainnya.

“Melalui karya video bangsa Indonesia bisa memperkenalkan kekayaan bangsa ini kepada dunia internasional sekaligus menumbuhkan ekonomi kreatif anak bangsa. Untuk itulah saya berharap agar kegiatan ini terus dilakukan dan ditingkatkan lagi kualitasnya, sehingga video-video yang dihasilkan mampu mengeksplor seluruh potensi wisata di Kota Medan. Dengan demikian wisatawan yang datang berkunjung semakin meningkat,” ungkapnya.

Kepada peserta yang keluar sebagai pemenang, selain mengucapkan selamat, Wali kota juga berpesan agar mereka tidak cepat berpuas diri dan terus memaksimallan potensi yang telah ada guna menghasilkan karya lebih baik lagi ke depannya.

“Teruslah berkarya membangun bangsa melalui mata kamera. Mari kita bergandengan tangan memaksimalkan semua potensi yang kita memiliki untuk memperkenalkan Kota Medan melalui karya video. Sedangkan bagi yang belum berhasil, agar tidak putus asa dan lebih giat lagi meningkatkan kemampuan,” pesannya.




Sementara itu Kadis Pariwisata Kota Medan (Agus Suriono) menjelaskan, tujuan digelarnya Medan Tourism Video Contest 2018 dalam rangka untuk mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di Kota Medan. Melalui kreatifitas para sineas, Agus berharap dapat menarik perhatian wiksatawan untuk mengunjungi Kota Medan.

Dalam event ini, jelas Agus, pihaknya menggelar dua kategori yakni umum dan jurnalis. Puluhan video yang masuk selanjutnya dinilai para juri. Hasilnya untuk Kategori Umum, juara pertama diraih Shefira Aprilia dengan judul Medan adalah Rumah Kita. Di tempat ke dua direbut Gregorius dengan video berjudul Hidden Treasure, sedangkan juara ke tiga diraih Muhammad Andi dengan judul Medan Kotaku.

Untuk kategori jurnalis, juara pertama diraih Kumari Siregar dari DAAI TV dengan video berjudul Kotta Cinna Heritage. Selanjutnya, juara ke dua Dana Maulana dari Efarina TV dengan judul Masjid Raya Al Osmani, sedangkan juara k tiga direbut Chairil Arisandi dari TV One dengan judul Wisata Museum Medan.

“Sesuai dengan pentunjuk Bapak Wali Kota, acara ini akan terus kita lakukan setiap tahunnya. Usai event ini, kita akan melakukan evaluasi sehingga event selanjutnya bisa lebih baik lagi dan out put yang kita harapkan agar kunjungan wisatawan baik lokal maupun menca negara ke Kota Medan semakin meningkat,” harap Agus.

Usai menyerahkan hadiah kepada pemenang, Wali Kota mendapat suprise. Sebelum turun dari panggung, Wali Kota langsung disambut lagu selamat ulang tahun. Ternyata, hari itu orang nomor satu di Pemko Medan itu genap berusia 58 tahun. Perayaan sederhana pun digelar dengan pemotongan kue ulang tahun.

Selanjutnya, potongan kue ulang tahun diberikan n kepada setiap perwakilan unsur Forkopimda dan pelaku usaha pariwisata yang hadir pada acara tersebut. Setelah itu Wali kota pun mendapat ucapan selamat.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.