RUCKUS LUNCURKAN SMARTZONE NETWORK CONTROLLER

Fungsionalitas baru dan open API memungkinkan penyedia layanan memberikan layanan unik untuk menyederhanakan manajemen jaringan




ITA APULINA TARIGAN. JAKARTA – Ruckus Networks, sebuah perusahaan ARRIS, telah mengumumkan peluncuran SmartZoneā„¢ network controllers–kontroler SmartZone WLAN versi baru dengan fitur lebih canggih–yang menggunakan SmartZoneOS, perangkat lunak terbaru dari Ruckus. SmartZoneOS 5 mengubah kontroler WLAN menjadi sebuah elemen jaringan tunggal untuk mengendalikan dan mengatur access point (AP) serta switch Ruckus.

Koleksi kontroler SmartZone baru mencakup alat-alat fisik dan virtual yang dirancang untuk penyedia jasa terkelola (managed service), operator dan perusahaan menengah serta besar.




Pertama diluncurkan pada tahun 2015, kontroler dengan SmartZoneOS memadukan skalabilitas, tiered multi-tenancy, fleksibilitas arsitektur dan API yang lengkap pada sebuah elemen tunggal yang terpusat. Semua fitur ini membantu para penyedia jasa terkelola dalam implementasi model bisnis yang rumit, multi-tier dan as-a-service dengan menggunakan aplikasi manajemen milik mereka sendiri.

Selain itu, para operator juga dapat mengelola lalu lintas data pelanggan dalam skala besar, sembari mengintegrasikan arus lalu lintas dan data jaringan pada sebuah arsitektur jaringan yang telah ada. SmartZone network controller memudahkan perusahaan dalam manajemen jaringan melalui konsolidasi dan penggunaan alat-alat pemecahan masalah serta analisa yang ada. Produk-produk SmartZone telah banyak terpasang pada ribuan perusahaan dan lebih daripada 200 jaringan penyedia jasa di lima benua.

“Jika Anda seorang operator, penyedia jasa terkelola atau departemen TI sebuah perusahaan canggih, Anda harus dapat mengelola jaringan Anda sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan bisnis dan teknis,” ujar Greg Beach, Vice President produk-produk nirkabel Ruckus Networks.

“Ruckus telah menerapkan simplifikasi melalui pendekatan ‘terbuka’ pada jaringan sesuai dengan permintaan para konsumen dan ‘mitra’ untuk membangun arsitektur terbaik di kelasnya dan memberikan mereka alat-alat untuk melakukan sendiri dengan mudah.”

“Perusahaan selalu mencari cara-cara baru untuk menyederhanakan jaringan dan mengautomasi proses-proses yang rumit,” ujar Brandon Butler, pengamat penelitian senior dari Network Infrastructure, IDC. “SmartZone network controller sangat mendukung usaha Ruckus dalam memperkenalkan jaringan akses IoT terkonvergensi sekaligus sebagai bukti komitmen Ruckus dalam menjawab tantangan jaringan yang kompleks, dalam hal ini melalui konsolidasi manajemen jaringan dan proses automasi.”

Penyederhanaan manajemen jaringan terkonvergensi
Departemen TI yang mencoba mengelola jaringan kabel dan nirkabel melalui sebuah konsol tunggal biasa membutuhkan sebuah manajemen jaringan tersendiri untuk manajemen di tempat (on-premises). Dengan SmartZone network controller, hal tersebut tidak lagi diperlukan untuk berbagai jenis jaringan. Selain itu manajemen jaringan menjadi semakin mudah dan biaya juga dapat ditekan dengan:




  • Menghilangkan kesalahan pemasangan melalui proses pendeteksian otomatis untuk access point (AP) dan switch;
  • Mengurangi waktu konfigurasi dan instalasi jauh lebih baik daripada pendekatan multi konsol;
  • Mengurangi perangkat lunak jaringan dan biaya lisensi hypervisor, server, listrik serta pelatihan;
  • Memungkinkan pengembangan sebuah kluster kontroler jaringan pada 450.000 klien.

Merealisasikan networking-as-a-service
Penyedia jasa terkelola (Managed service providers — MSP) dan networking-as-a-service (NaaS) menghadapi tantangan ganda dalam tampil beda. Di satu sisi mereka harus mengembangkan aplikasi khusus dan di sisi lain, mereka harus menekan biaya yang dikeluarkan dalam meraih keuntungan yang besar. Kedua tantangan tersebut membutuhkan integrasi antara infrastruktur jaringan vendor dan aplikasi milik sendiri atau pihak ketiga. SmartZone network controller memungkinkan para penyedia jasa untuk mengatasi masalah ini dengan:

  • Menyediakan application programming interfaces (API) yang terbuka dengan dokumentasi lengkap, yaitu RESTful, yang memungkinkan profesional TI untuk menggunakan fungsi-fungsi SmartZone dengan mudah dan juga melakukan konfigurasi serta automasi tanpa error.
  • Menyediakan streaming API yang memungkinan profesional TI memantau secara real time data jaringan Ruckus, statistik dan alarm, dengan dashboard dan laporan pada informasi yang dapat dihasilkan dengan mudah dalam aplikasi mereka sendiri.




Dukungan Mitra
“Bermitra dengan Ruckus untuk jaringan kabel dan nirkabel, kami mampu memberikan solusi teknologi yang terbaik, berkualitas dan terkini bagi konsumen,” ujar Jon Novakowski, Chief Visionary Officer, Vector Tech Group. “Manajemen switch out-of-the-box pada SmartZone versi baru akan sangat berguna dalam memberikan solusi yang jauh lebih baik bagi konsumen.”

“Pustaka API SmartZone memberikan visibilitas dan kemampuan manajemen yang lebih baik melalui portal yang berhadapan langsung dengan konsumen dalam sebuah lingkungan yang aman. Di saat yang sama, kami juga mampu menekan biaya dalam memberikan layanan kepada konsumen” ujar Sam Beskur, CTO GX2 Technology (Perusahaan Superloop).

“Peluncuran SmartZone network controller oleh Ruckus memampukan kami memberikan sebuah produk unik dengan mengaplikasikan manfaat yang diberikan pada LAN berkabel. Hal ini sangat menguntungkan bagi bisnis dan terutama kepuasan konsumen.”









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.