WALI KOTA INSTRUKSIKAN ATASI POHON TUMBANG

NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) langsung memerintahkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk menangani pohon tumbang akibat angin kencang dan hujan deras di sejumlah lokasi di Kota Medan [Kamis 5/7: Malam]. Selain mengganggu kelancaran arus lalu-lintas, pohon tumbang juga menyebabkan sejumlah kenderaan bermotor dan rumah milik penduduk pun rusak.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Tim Kaji Cepat dan Pelayanan Darurat TRC-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, pohon tumbang terjadi di Jl. AH Nasution, Jl. Ngumban Surbakti, Jl.n Antariksa, Jl. Jamin Ginting, Jl. Karya Jasa dan Jl. Cinta Karya Gg Muhajirin.




Selain melintang di tengah jalan, sehingga menyebabkan kemacetan, pohon tumbang juga menimpa 9 mobil, becak bermotor serta sepeda motor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja, beberapa warga mendapatkan perawatan medis karena mengalami luka-luka ringan di rumah sakit terdekat.

Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, sebab angin kencang disertai dengan puting beliung. Amuk puting beliung ini terjadi di Jl. Starban Gg Garuda Lingkungan XII, Kelurahan Polonia (Medan Polonia). Sekitar 5 rumah permanen mengalami kerusakan pada bagian atap/ plafon.

Kemudian di Jl. Starban Gg Family, 1 rumah permanen mengalami kerusakan juga pada bagian atap/plafon. Dari kedua lokasi amuk angin puting beliung tersebut, seorang warga mengalami luka ringan pada bagian kepala dan sudah mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit terdekat.

Menyikapi musibah itulah, Wali Kota langsung memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera turun tangan untuk mengatasinya. Selain Dinas Kebersihan dan Pertamanan, juga diturunkan BPBD Kota Medan untuk membantu mengevakuasi warga dari mobil maupun membersihkan jalan dari batang pohon yang tumbang dan melintang jalan.

“Begitu mendapat laporan, saya langsung menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta BPBD Kota Medan untuk turun mengatasinya. Selain melakukan evakuasi, saya juga minta dilakukan pendataan. Di samping itu saya minta agar pohon tumbang secepatnya diatasi agar tidak menimbulkan kemecetan cukup parah,” kata Wali Kota.

Diakui oleh Wali Kota, masalah pohon tumbang dan angin puting beliung merupakan force majeure. Selama ini melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan, jelas Wali Kota, telah dilakukan upaya pencegahan pohon tumbang dengan melakukan pemangkasan dan perawatan tedrhadap pohon-pohon besar dan tua.

“Cuaca kemarin malam cukup buruk, selain hujan deras, juga disertai angin kencang sehingga menumbangkan sejumlah pohon. Kita sangat priharin dengan musibah ini, makanya saya minta OPD terkait segera menanganinya,” ungkapnya.

Malam itu Dinas Kebersihan dan Pertamanan langsung menurunkan sejumlah alat berat guna mengevakuasi batang pohon tumbang yang melintang di jalan. Selain alat berat, juga diturnkan gergaji mesin dan sejumlah truk untuk mengangkut potongan batang pohon. Pembersihan pohon tumbang dibantu petugas BPBD Kota Medan. Berkat kerja keras yang dilakukan, pohon tumbang yang terjadi di sejumlah di lokasi berhasil diatasi. Perlahan-lahan arus lalu-lintas yang sebelumnya mecet pun berhasil diurai.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.