Kolom Ahmad Fauzi: AKTIVISME SPIRITUAL

Salah satu bentuk aktivisme spiritual adalah merumuskan dan mewujudkan perubahan masyarakat dan negara. Tapi, perubahan tidak bisa dipahami hanya dalam bentuk, semisal hasil ekonomi dan politik, yang instan dan segera. Kadang perubahan muncul melalui proses fermentasi yang panjang dan lama.

Dan, hal ini, berakar dalam cara pandang, mentalitas dan pemikiran yang harus dibentuk terlebih dahulu.

Contoh yang mungkin tak terpikirkan kita. Jepang mampu melakukan modernisasi bukanlah proses instan dan singkat. Di tahun 1910 Jepang sudah bisa mengalahkan armada laut kuat Rusia.

Hal ini tidak terlepas dari sejarah masa lalu Jepang yang mau mengirimkan murid muridnya untuk belajar pengetahuan dan budaya ke China di Abad 1 Masehi. Mengirimkan muridnya untuk belajar Buddha dan Konfusius di Abad ke 5. Salah satu hasilnya adalah Religi Tokugawa Jepang ternyata menurut Robert N. Bellah menjadi fondasi etis dan budaya bagi modernisasi awal di tahun 1800an dan Restorasi Meiji.

Jepang pun mampu menundukkan China dan mampu membangun selama 10 tahun yang, apabila dilakukan Amerika, membutuhkan waktu hingga 100 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.