Tim Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

0
816

Dinas Kebudayaan Medan tengah membentuk Tim Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). Tim ini akan menggali dan mengakomodir kebudayaan di Medan untuk menyusun pokok pikir kebudayaan untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

Hal ini dikatakan Kadis Kebudayaan Kota Medan (Suherman SE) didampingi Ketua Majelis Kesenian Medan (Choking Susilo Sakeh) dan Ketua Dewan Kesenian Medan (Rianto Aghly) [Selasa 17/7] di kantornya.

Suherman menerangkan, penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ini merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang itu mengamanahkan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Pemko Medan saat ini mulai bekerja. Dalam hal ini dimulai dengan membentuk tim. Selanjutnya tim ini akan bekerja menghimpun segala potensi untuk menghasilkan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kota Medan,” ujar Suherman.

Ketua Majelis Kesenian (Choking Susilo Sakeh) menambahkan, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ini selanjutnya akan menjadi bahan pemerintah pusat dalam menyusun Strategi Kebudayaan  Nasional. Pada tempat yang sama, Ketua Dewan Kesenian Medan (Rianto Aghly) mengapresiasi langkah Pemko Medan dalam menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kota Medan ini.

“Yang perlu kita ingat, Medan ini multikultural. Kita kaya budaya. Segala potensi ini harus diakomodir dalam Pokok Pikiran Kebudayaan yang akan disusun itu,” ujarnya.

Nama-nama Tim penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kota Medan yang telah dibentuk Dinas Kebudayaan yakni Pelindung Wali Kota Medan,  Tim Pengarah  Kadis Kebudayaan, Kepala Bappeda Medan, Hendra DS, Zaidan BS, Arie F Batubara, dan Jaya Arjuna.

Sedangkan Tim Penyusun yakni Choking Susilo Saleh (Majelis Kesenian Medan), Rianto Aghly (Dewan Kesenian  Medan), Dr. Immanuel P. Ginting (Dewan Kesenian Medan), Darma Lubis (Dewan Kesenian  Medan), Prof. Dr. Ikhwan Azhari (akademisi Unimed), Dr. Irwansyah Harahap (akademisi USU), Dr. Budi Agustono  (akademisi USU), Yulinar SSos, MSi (Dinas Kebudayaan Medan), dan Fahmi Harahap SH MAP (Dinas Kebudayaan).

Tim Sekretariat terdiri dari Kepala Sekretariat (Sekretaris Dinas Kebudayaan Medan), Sekretaris (Kasi Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Medan), Bendahara (Bendahara Dinas Kebudayaan Medan), dan Staf Administrasi (Kasubbag Program Dinas Kebudayaan Medan).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.