Kolom Ganggas Yusmoro: BAYANGKAN BENDERA NEGARA TERGELETAK KUMUH

Hanya bisa membayangkan, ketika Bendera peserta di event Asian Games yang hanya diikat ala kadarnya, tiba-tiba ada yang usil. Tali pengikat dipotong, lalu tiang bambu beserta bendera roboh. Bendera negara sahabat yang tentu saja sebagai lambang negara, sebagai lambang Kedaulatan Bangsa dan Negara tersebut lalu dilindas mobil atau tidak terurus.

Nah, ketika ketahuan wartawan atau siapapun bisa mengunggah di media sosial bendera yang roboh, apa yang terjadi?

Ataupun tiba-tiba ada angin yang tidak seberapa besar menerpa tiang-tiang bambu pengikat bendera. Terus tiang bambu beserta bendera roboh, tidak segera diurus dan tergeletak. Lalu, bendera tersebut kumuh dan dimuat di media. Apakah negara yang bersangkutan akan diam melihat benderanya dibuat semena-mena? Apa yang terjadi?

Yang terjadi adalah, Indonesia akan dibully Dunia Internasional. Indonesia akan dianggap meremehkan harkat dan martabat. Dianggap tidak becus. Siapa Presidennya? Jokowi!

Ketika terjadi hal tersebut di atas, di dalam negeri juga terjadi penggorengan tentang bendera. Seperti biasa, oposisi akan memutarbalikkan fakta. SepertI biasa Anis sandi akan ngeles. Akan berkelit dan diyakini gabener akan mengeluarkan jurus ampuhnya.

“TOH PERHELATAN ASIAN GAMES ADALAH TANGGUNGJAWAB PEMERINTAH INDONESIA. TENTU YANG HARUS TANGGUNGJAWAB PRESIDEN. PAK JOKOWI. “

Apalagi Event Asian Games akan dihadiri 6.500 jurnalis. Tentu boleh jadi gabener jangan-jangan sudah membuat skenario untuk politisasi bendera.

Boleh dong membayangkan sesuatu hal yang buruk soal bendera yang hanya diikat pada bilah bambu?’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.