Kolom Boby R. Ginting: SUKAMISSQUEEN

0
425

Terimakasih pak atas waktunya. Saya enggak bisa bayangkan kalau saya di posisi bapak sekarang ini. Kalau saya jadi bapak, saya akan berbuat sama. Memang perlu dihajar itu orang-orang. Payahlah sekarang yang kerja ini, sudah dikasih kepercayaan tetap enggak bisa hati-hati. Boleh main, tapi hati-hati. Ini yang enggak pernah diperhatikan. Otaknya enggak dipakai.

Nah, jadi begini pak, saya habis baca berita kemarin, saya tiba-tiba ada ide.

Saya kebelet banget ketemu bapak. Saya pikir, saya harus sampaikan hal ini buat pak menteri ini, bagaimana pun caranya. Jadi, begini pak, saya berharap usul ini juga bisa membantu bapak. Bagaimana kalau nama Lapas Sukamiskin menjadi Lapas Sukamissqueen. Diterima ya syukur, tidak diterima ya enggak apa-apa. Meski daripada itu, bapak bisa pertimbangkan keuntungan mengganti nama penjara – maksud saya lembaga pemasyarakatan – itu:

1.Akan ada proyek penggantian nama mulai dari plang, kop surat, seragam pegawai, seragam napi dan lain-lain. Tentu saja itu akan membuat anggaran lebih terserap secara efektif tentunya.

2.Nama baru tersebut mudah diucapkan, dan dikenal di warganet dengan kisaran usia muda. Ini akan jadi modal yang bagus buat partai bapak menjelang pemilihan nanti untuk menjangkau pemilih usia muda yang melek internet. Bayangkan kalau ditanya, itu lapas missqueen yang buat siapa? Pasti nama bapak disebut, dan setidaknya terngiang saat mereka akhirnya digiring masuk ke dalam kotak pencoblosan.

3. Perubahan nama baru sangat dibutuhkan, apalagi dengan kasus yang baru terjadi. Setidaknya ini bisa menjadi simbol permulaan awal untuk memulai sesuatu yang baik. Mengingatkan kembali kepada para pegawai, arti tugas dan tanggung jawab mereka bahwa kebiasaan buruk yang lama haruslah ditinggalkan. Nama sudah baru, kelakuan juga baru.

4.Nama ini bisa viral di internet. Apalagi kalau didesain bagus, eye-catchy, dan instagrammable. Bayangan penjara – maksud saya lembaga pemasyarakatan – yang menyeramkan bisa luluh seketika. Memang sebelumnya sudah dikenal mewah, tapi agak negatif, dan kurang terang-terangan. Kalau bisa, kita buat ini terang benderang, sehingga orang bisa lihat bahwa bapak sangat transparan.

5.Kalau sudah viral, nama bapak sudah pasti ada di kantong bapak presiden. Apalagi kabar dari teman-teman yang bikin survey, bapak presiden bisa 2 periode.

6. Ini tambahan saja pak, semisal dibuat fasilitas tambahan misal spa pijat, ruang karaoke, bar, akan memberikan pemasukan tambahan ke negara. Bilik asmara jangan dibuat seadanya. Dibuat manusiawi-lah. Masak hotel jam-jaman aja lebih bagus. Bayangkan yang datang semakin banyak, setiap transaksi negara dapat pajak. Belum lagi keuntungan lini produksi ini, bisa membuat lembaga ini membiayai dirinya sendiri, sehingga kedepan negara bisa menghemat anggaran. Saya yakin bu menteri keuangan kalau tahu ini, bakal senang banget.

Jadi itu saja pak, usulan saya. Proposalnya dipikir-pikir dulu. Detailnya ada di map ini. Tidak perlu diberikan keputusan cepat. Saya tahu bapak butuh waktu, apalagi sekarang bapak pasti sibuk dengan wartawan. Nanti saya tunggu kabar bapak semisal ada yang kurang dimengerti. Terima kasih sebelumnya, pak. Habis ini kabarnya bapak mau langsung ke bandara. ya? Kalau mau diantar bisa saya antar pak. Enggak repot saya, pak. Malah senang.

Terimakasih, pak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.