LORETA KARO SEKALI. CAMBRIDGE ––  Baru-baru ini, acara peresmian TusPark – Cambridge digelar di Cambridge Science Park, Inggris Raya. Sementara, acara topping-out diadakan untuk Bio-Innovation Centre di taman tersebut. TusPark Cambridge adalah taman sains yang pertama di luar negeri, dimodali oleh TusHoldings.

Fasilitas itu terdiri atas 4 gedung serta ruang kantor dan laboratorium seluas 34.000 meter persegi.

TusPark Cambridge akan bergabung dengan TusHoldings, perusahaan sains dan teknologi global terkemuka, serta Cambridge Science Park, pusat kenamaan dunia untuk sumber daya manusia dan gugus industri. Ini khususnya di bidang bioteknologi.

Bio-Innovation Centre yang baru dibangun ini bermisi untuk menginkubasi berbagai perusahaan rintisan dan bioteknologi, mempromosikan pengembangan bioteknologi. Sebagai Bio-Innovation Centre pertama dalam sejarah Cambridge Science Park, TusPark Cambridge akan berperan penting dalam jaringan global TusHoldings. Jaringan tersebut penting dalam upaya mempromosikan sistem inovasi sains dan teknologi Cambridge yang mutakhir serta bioteknologi di Inggris Raya kepada dunia.

Dalam pidato pembukaan, Sir Greg Winter (Master, Trinity College, University of Cambridge) menyatakan, TusHoldings telah menjadi mitra strategis penting bagi Trinity College, University of Cambridge. Kolaborasi antara TusHoldings dan Trinity College akan mengusung berbagai peluang pembangunan strategis yang baru bagi Cambridge Science Park. Trinity College akan bekerjasama dengan TusHoldings dalam bidang ilmu hayati, teknologi digital, penyimpanan energi dan pelestarian lingkungan. Dengan begitu, kerja sama tersebut akan menghadirkan berbagai solusi terhadap sejumlah tantangan global yang utama.

WANG Jiwu (Chairman, TusHoldings) berkata, kerja sama TusHoldings dengan Cambridge adalah tonggak penting bagi pembangunan jaringan inovasi global TusHoldings. TusPark Cambridge akan berupaya mewujudkan moto yang bertajuk “”Taking Science and Technology as a Belief”, serta “Serving the Science and Technology, and Serving with Science and Technology” dan berusaha mempromosikan kolaborasi kedua pihak dalam sumber daya dan ekosistem inovasi teknologi.

Dalam 3-5 tahun mendatang, kolaborasi ini diperkirakan mengusung berbagai SDM dunia, memfasilitasi komersialisasi sejumlah terobosan teknologi serta membawa sejumlah perusahaan lokal ke pentas dunia. TusPark Cambridge akan menjadi kasus klasik.

Acara ini juga dipimpin oleh Julie Spence (Lord Lieutenant, Cambridgeshire), MA Hui (Menteri Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Inggris Raya), WANG Yan (Vice Chairperson, Tsinghua University Council, Tsinghua University), WANG Shugui (Chief Operating Officer TusHoldings). Beberapa perwakilan kedua negara juga menghadiri acara tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.