GELAR PASAR MURAH GARA-GARA HARGA TELUR NAIK

NATALIE SEMBIRING. MEDAN — Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Medan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumatera Utara menggelar operasi pasar murah di Pasar Tradisionil Sei Sikambing [Jumat 3/8]. Operasi pasar ini digelar dalam rangka menyikapi keresahan masyarakat menyusul melonjaknya harga telur di pasar.

Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) diwakili Kadis DKP Kota Medan Muslim Harahap) mengatakan, pasar murah akan berlangsung hampir sepekan mulai 3-8 Agustus mendatang. Pasar murah yang mereka gelar menyediakan telur ayam yang harganya jauh lebih murah dari pasaran.

“Di pasar murah ini, telur ayam kita jual dengan harga Rp. 1.200 per butir. Harga ini jauh lebih murah dari yang dijual di pasaran yakni Rp. 1.400 per butir. Ada selisih harga Rp. 200 per butirnya, tentunya selisih harga ini dapat meringankan masyarakat yang ingin mengkonsumsi telur ayam,” kata Muslim.

Selain membantu meringankan masyarakat untuk membeli telur ayam, mantan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan itu berharap melalui operasi pasar yang digelar dapat menekan harga telur di pasar. Diungkapkannya, operasi pasar ini digelar untuk menindaklanjuti perintah Wali Kota guna menjawab keluhan masyarakat.

“Pak Wali Kota minta kita melaksanakan operasi pasar untuk menyahuti keluhan masyarakat. Sebab, tingginya harga jual teluar ayam saat ini sangat dikeluhkan. Padahal telur ayam merupakan salah satu komoditi vital yang paling banyak dikonsumsi masyarakat sehari-hari. Dengan operasi pasar yang dilakukan, Pak Wali Kota berharap dapat menstabilkan kembali harga telur di pasar,” ungkapnya.

Kehadiran pasar murah yang fokus menjual teluar ayam langsung mendapat apresiasi dari masyarakat. Para pembeli selanjutnya satu persatu mendatangi lokasi pasar murah untuk membeli telur ayam. DKP Medan dan DKKP Sumut terus memasok telur ayam untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Alhamdulillah, harga teluar ayam yang dijual di pasar murah ini jauh lebih murah di pasaran, terutama di tingkat pengecer seperti warung-warung. Kalau di warung, telur ayam sampai dijual Rp.5.000 per-tiga butir. Tentunya, harga segitu sangat memberatkan bagi kami, terutama yang berpenghasilan rendah. Semoga pasar murah ini terus digelar sehingga harga telur dapat kembali normal,” ungkap salah seorang ibu rumah tangga yang tengah membeli telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.