Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat tuntaskan kajian atas Gula dari varietas tebu transgenik yang pertama buatan Centro de Tecnologia Canavieira

0
298

RANDALL LAZUARY. SAO PAULO — Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) baru-baru ini menyatakan, gula dan gula rafinasi yang terbuat dari varietas tebu transgenik (genetically-modified) asal Brazil yang pertama, disebut CTC20BT, tergolong aman. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) berfokus pada pengujian keamanan gula tersebut karena banyak produk turunan tebu diimpor ke AS dari Brazil.

Selain pemurnian gula, industri tebu di Brazil memakai produk turunan tebu di dalam negeri untuk menghasilkan bahan bakar etanol bagi kendaraan dan membakarnya guna menghasilkan listrik.

Centro de Tecnologia Canavieira (CTC) mengirimkan informasi dan kajian ke FDA yang menunjukkan gula dari tebu yang terlindungi serangga sama amannya dengan gula dari tebu biasa. Tebu yang terlindungi dari serangga ini dikembangkan oleh CTC, perusahaan yang menggarap peningkatan mutu varietas dan teknologi tebu di Brazil.

Data tersebut juga mengungkap, gula hasil pemurnian yang tinggi secara komposisi identik dengan gula dari varietas tebu yang biasa ditemui. Izin FDA ini dikeluarkan setelah izin serupa datang dari Health Canada pada awal tahun ini. Tebu tersebut pertama kali memperoleh izin untuk dibudidayakan di Brazil dari CTNBio –National Biosafety Technical Committee Brazil, pada 2017 setelah melalui kajian terperinci.

Varietas baru yang dikembangkan CTC, menghasilkan protein Cry1Ab Bt untuk menghadirkan daya tahan terhadap penyakit tebu (Diatraea saccharalis), hama perusak utama di Brazil yang mendatangkan kerusakan dan kerugian sekitar $1 miliar/ tahun. Protein Bt yang ditemukan di CTC20BT, telah lama dikenal sebagai pangan yang aman dikonsumsi serta telah banyak digunakan di sektor pertanian dunia selama lebih dari 20 tahun dalam tanaman yang dihasilkan bioteknologi, seperti jagung dan kapas, misalnya.

FDA adalah instansi pemerintah AS yang bertanggung jawab melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin aspek keamanan pasokan pangan negara tersebut, serta keampuhan dan keamanan obat-obatan manusia serta hewan, produk biologis dan perangkat medis.

Tentang Centro de Tecnologia Canavieira

CTC – Centro de Tecnologia Canavieira (Bovespa Mais: CTCA3) adalah perusahaan nasional 100% yang menggarap penelitian, pengembangan serta pemasaran berbagai varietas tebu dan berbagai teknologi lain yang penuh terobosan. CTC memiliki banyak pemegang saham seperti BNDESPar dan beberapa kelompok penting dalam industri gula-etanol, mewakili 60% dari produksi gula dan etanol di Brazil

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.