NDURUNG: Acara Tahunan Memburu Ikan di Tambak Desa Karo

0
774

Ada ciri khas yang unik di setiap tahun perayaan Kerja Tahun desa-desa Karo, khususnya  Sugihen (Kecamatan Juhar, Dataran Tinggi Karo). Kepala Desa Sugihen berbaik hati meluangkan waktu untuk menjelaskan kepada wartawan SORA SIRULo di tengah-tengah kesibukannya mengawasi panitia Malam Kesenian Tradisional (Guro-guro Aron) di Desa Sugihen dalam rangka pesta tahunan.

Beliau menjelaskan, sehari sebelum Kerja Tahun dimulai, yaitu setiap tanggal 14 Agustus 2018, ada tradisi Ndurung di Tambak yang dilakukan di Tambak Beringen.

Pada dasarnya pemilik kolam tersebut adalah Ginting Sugihen Pulu Tambak Beringen dimana pun ia berdomisili. Tujuan acara ndurung ini adalah untuk tetap memupuk kebersamaan Sangkep nggeluh antara Sembuyak, Anak Beru, Anak Beru, Kalimbubu, dan Senina.

Beliau menambahkan bahwa peserta Ndurung berasal dari desa-desa sekitar Sugihen dan mencapai ratusan orang. Mereka melakukan Ndurung bersama-sama dan hasil tangkapan mereka akan dibawa ke rumah masing-masing peserta.




Setelah itu, keesokan harinya baru dilakukan penyembelihan hewan yang biasanya adalah sapi atau kerbau dan babi, untuk konsumsi di Puncak Kerja Tahun.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.