Kolom Siska V. Tarigan: SEMANGAT DATARAN TINGGI KARO MEMERIAHKAN HARI KEMERDEKAAN RI

0
546
Model: Wartawan SORA SIRULO (Siska Veronica Tarigan)

Tahun ini khusus bagi saya. Untuk pertama kalinya saya memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa indonesia di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung), bagian pegunungan dari Tanah Karo. Saya lahir dan tumbuh di Karo Hilir (Karo Jahe) yang lebih dekat ke Pantai Timur Sumatera.  Dalam rangka memperingati Dirgahayu RI ke 73, seluruh masyarakat di Dataran Tinggi Karo sangat antusias dan berpartisipasi.

Sejak awal Bulan Agustus, setiap rumah sudah mengibarkan bendera Merah Putih. Setiap sekolah mulai dari tingkat TK hingga SMP.

Semangat membuat kegiatan yang sangat bervariasi. Pada tanggal 14 Agustus, anak sekolah TK dan SD sudah melakukan pawai di Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Karo. Berbagai pakaian seragam dan busana. Ada yang mengenakan kain tenun Karo beka buluh, uis nipes, uis kelam-kelam, dan lain-lain, menandakan ciri pakaian Suku Karo.

Di Desa Singgamanik (Kecamatan Munte, Kabupaten Karo) juga seperti itu. Sehari sebelum perayaan 17 Agustus, semua orgtua siswa sibuk mencari pinjaman kain tenun beka buluh, uis nipes, jungkit, kelam-kelam, baju putih, celana putih, peci, dan perlengkapan lainnya. Sementara anak-anak sekolah sudah mulai sibuk latihan drum band, Paskibraka, dan lain-lain.

Sebagai seorang dari Suku Karo, saya sangat bangga karena Masyarakat Karo begitu antusias dalam menyambut Kemerdekaan RI. Sangat berbeda suasananya di Kota Medan, di Dataran Tinggi Karo sangat ramai dan meriah. Berbagai perlombaan juga diadakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Saya sangat menikmati suasana kemerdekaan di desa ini. Begitu sangat berbeda dan sebuah pengalaman baru bagi saya. Semangat Tanah Karo. Selamat memperingati hari kemerdekaan bangsa dan negara kita. Semoga Tanah Karo semakin maju dan jaya, mandiri (bukan bagian suku lain) dan tetap berintegrasi sebagai bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mejuah-juah dan ….. MERDEKA !!!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.