Kolom Sanji Ono: MANUSIA STUNTMAN

0
616

Tahukah kalian, di acara pembukaan Asian Games saat pawai kontingan Korea Selatan dan Korea Utara bergandengan tangan, padahal mereka puluhan tahun bermusuhan? Tahukah kalian Suriah dan Arab Saudi saat ini sedang terlibat konflik peperangan tapi mereka bisa berjalan beriringan di SUBK? Orang-orang yang berakal dan waras pikirkannya akan bangga melihat semua momen langka di atas.

China dan Korea memuji habis Ceremony Opening Asian Games 2018, bahkan Jepang tak segan ingin belajar kepada Indonesia untuk persiapan pembukaan Olimpiade 2020.

Tapi, bagi Bani Kardus, hal yang paling penting dan patut untuk dikomentari dari pembukaan Asian games yang spektakuler itu adalah masalah ‘stuntman’. Entah bodoh atau pura-pura bodoh, mereka lupa bila dalam dunia entertaint peran pengganti itu adalah hal yang wajar

Roy Suryo mantan Menpora yang membawa pulang panci, wajan dan barang-barang di rumah dinasnya mengharuskan ada tulisan “Dilakukan Oleh Profesional” untuk video pendek pembukaan Asian games saat Jokowi melakukan aksi motor terbang. Padahal, kita nggak pernah nanya ke Roy Suryo siapa aktor asli di balik proyek Candi Hambalang. Kan yang sekarang masuk bui cuma stuntman-stuntman dari Partai Demokrat.

Mereka juga mengatakan: “Kenapa duit Rp. 650 milyar yang dihamburkan untuk pembukaan Asian games nggak diberikan saja kepada korban gempa Lombok?” Wahai Bani Codot yang budiman, tahukah kalian, Palestina saat ini juga sedang porak poranda dilanda perang? Tapi, mereka masih mengirimkan kontingan olahraganya ke Jakarta. Kenapa biaya kontingen mereka selama di Jakarta nggak dipakai saja buat Rakyat Palestina di Gaza?

Asian Games adalah event terbesar setelah Olimpiade dan Indonesia diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraannya. Ini masalah nama baik dan kebanggaan. Sudah pasti kita harus memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin karena seluruh mata dunia memandang Indonesia. Sekedar informasi untuk anggaran bencana, pemerintah telah memiliki sistim dan mekanismenya. Saat ini, ratusan milyar rupiah telah digunakan untuk penanganan gempa Lombok dan masih ada Rp. 4 T lagi dana yang stand by yang bisa dicairkan kapan saja oleh BNPB.

So, stop bahas hal-hal nggak penting seperti ‘stuntman’. Yakinlah semua aktor film di dunia ini menggunakan jasa stuntman untuk adegan berbahaya. Cuma Jacky Chan dan kakek Sugiono yang tak menggunakan peran pengganti saat acting di film mereka.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.