Desa Semerbak Bunga di Dataran Tinggi Karo

0
785

Oleh: July Christy dari Berastagi

 

Ada dan nyata setiap Rabu dan Sabtu digelar di bekas Pasar PU Desa Raya (Kecamatan Berastagi, Dataran Tinggi Karo) serta setiap Senin dan Kamis di losd desa. Saya selalu tak bisa menahan kekaguman dan keterkesanan akan keberadaan bunga-bunga cantik beraneka rupa dan warna, hasil tak lelah petani bunga.


Di Hari Senin, bunga-bunga yang dikelompokkan sesuai namanya akan dipasarkan setelah dipanen sehari sebelumnya.

Warna warni dan aroma segar yang memenuhi penjuru bangunan beratap namun tak berdinding yang disebut losd ini, petani bunga yang umumnya berasal dari desa setempat dan beberapa desa sekitarnya menggelar dagangannya, menata semenarik mungkin untuk memikat pembeli yang datang dari daerah sekitarnya maupun dari luar daerah.

Bunga-bunga yang dikembangkan dengan sistem green house juga tidak ketinggalan  dipasarkan dengan harga berbeda dengan bunga yang ditanam di lahan terbuka. Ada juga bunga-bunga mawar dari green house yang sudah dibungkus kertas koran yang, menurut petaninya, supaya lebih awet serta tidak kotor terkena debu dan serangga.

Harga bervariasi tergantung jenis bunga, sistem pengembangan dan tingkat kesulitan perawatan. Saya pernah kalap beli seikat mawar merah berisi 20 tangkai. Hanya karna tidak bisa menahan diri melihat warna merah hati yang sangat memikat.

Pada Hari Rabu dan Sabtu, tepian jalan Pasar PU akan dipenuhi pedagang bunga sehingga terlihat menarik sekali bagi pengguna jalan yang melintas. Sempat terceletuk oleh saya: “Wah, bisa dijadikan latar belakang syuting film India, nih.” Penuh bunga…. Hahaha…. Dalam imaginasi saya, Shah Rukh Khan dan Kajool bernyanyi dan menari diantara bunga-bunga raya.

Calon pembeli lebih senang membeli di losd atau di tepian jalan Pasar PU karena harganya cenderung lebih murah.

Semoga ke depannya Desa Raya lebih maju dalam mengembangkan varietas bunga-bunga di tempat ini dan semoga ember-ember sebagai wadah bunga bunga tersebut bisa diganti dengan wadah yang lebih menarik, atau diimprovisasi sebagai ciri khas pedagang bunga dari Desa Raya.

Semoga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.