Sirulo TV: 2 KAPOLSEK KUNJUNGI ZONA LARANGAN SINABUNG

0
569

EMMY F. PURBA. BERASTAGI — Kapolsek Simpang Empat dan Kapolsek Berastagi (keduanya di Dataran Tinggi Karo) melakukan kerjasama patroli dan pemantauan zona merah Gunung Sinabung [Minggu  26/8] Kunjungan ini bertujuan agar Kapolsek Berastagi dapat mengetahui kawasan larangan dan memahami situasi lapangan sehingga bisa memberi informasi kepada pengunjung yang datang berwisata ke Berastagi.

Ini dirasakan perlu karena seringnya menerima pertanyaan pengunjung yang diajukan ke Pos Polsek Berastagi. Kegiatan ini di dampingi oleh relawan LARSI dan para awak media, sehingga awak media juga dapat membuat sebuah berita tentang zona larangan Gunung Sinabung.

Kunjungan ini dilakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Daerah yang dipantau meliputi Desa-desa Berastepu, Kutatonggal, Gamber, Sukanalu dan sekitarnya. Menurut Pelin Depari yang merupakan salah seorang relawan LARSI, rombongan Kapolsek menemukan bebatuan dan material yang berasal dari erupsi Gunung Sinabung serta keadaan beberapa desa yang sudah kosong dan sepi, karena memang disarankan oleh pemerintah untuk dikosongkan.

Desa-desa itu sudah tiak lagi dilengkapi penerangan listrik PLN. Hingga saat ini, zona larangan masih diberlakukan pemerintah untuk beberapa desa di sekitar kaki Gunung Sinabung, mengingat status Gunung Sinabung masih Awas dan bisa meletus sewaktu-waktu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.