JULY CHRISTY. BERASTAGI. Awal pekan ini [Senin 27/8], terlihat dan terasa cuaca sangat cerah di kawasan Berastagi Kota. Sepertinya, semakin siang hari, matahari akan semakin garang. Musim Kemarau memang sedang melanda Dataran Tinggi Karo.


Pantauan harga sayur mayur pagi ini di Pusat Pasar Berastagi menunjukkan harga-harga sedikit menaik dibandingkan Akhir Pekan lalu [Sabtu 25/8].

Ini terutama berlaku untuk cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, daun prei, kol dan buncis. Kekecualian terjadi pada kentang yang turun sebanyak Rp. 2 ribu. Beberapa sayuran lainnya masih bertahan di harga yang sama dengan Akhir Pekan lalu.

Menurut para pedagang, kenaikan harga disebabkan oleh pasokan yang tidak begitu banyak dari petani sekitarnya sejak Musim Kemarau melanda Datara Tinggi Karo. Ini berimbas ke tanaman-tanaman sayur sehingga tidak tumbuh maksimal, bahkan ada yang gagal panen. Diharapkan hujan segera membasahi Taneh Mejuah-juah agar petani Karo sekitarnya terguyur semangat bercocoktanam.

Berikut adalah daftar harga sayur yang diterima langsung oleh kru SORA SIRULO dari pedagang tingkat eceran (dalam satuan kilogram) pagi tadi di Pusat Pasar Berastagi

Cabai Merah Rp. 22.000
Cabai hijau Rp. 25.000
Cabai rawit Rp. 40.000
Tomat Rp.   6.000
Brokoli Rp.   8.000
Daun prei Rp. 25.000
Wortel Rp.   6.000
Sawi putih Rp.   5.000
Kol Rp.   5.000
Kentang Rp.   8.000
Buncis Rp. 1.2000

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.