PERBAIKAN IRIGASI DESA NAGERI (Kecamatan Juhar, Dataran Tinggi Karo)

0
552

EMMY F. PURBA. KABANJAHE. Sekitar 40 warga Desa Nageri (Kecamatan Juhar) mengadakan gotongroyong bersama memperbaiki irigasi yang rusak dan bocor [Selasa 28/8]. Titik saluran irigasi yang bocor berada di jalan penghubung Desa Nageri dengan Desa Sugihen (keduanya Kecamatan Juhar).

Pulu Parik Desa Nageri (Kamus Ginting dan Kawal Ginting) menjelaskan bahwa sebelum gotong royong dimulai, diadakan musyawarah bersama antara Kepala Desa Sugihen (Asamta Ginting) dan warga Desa Nageri. Atas dasar kesepakatan tersebut, dilakukan gotong royong untuk memperbaiki saluran irigasi yang rusak sekaligus memperbaiki jalan penghubung kedua desa yang rusak akibat air yang tumpah ke jalan.

Kepala Desa Sugihen (Asamta Ginting) menambahkan, tidak ada masalah dalam kerjasama gotong royong ini. Gotong royong dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan selesai sekitar pukul 16.00 WIB. Ini menunjukkan kekompakan antara kedua desa dalam mengatasi masalah yang ada berdasarkan pada azas kekeluargaan yamg ada dalam adat istiadat Suku Karo.

Mereka lebih memprioritaskan kepentingan bersama dengan memberikan perhatian kepada fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.