IMANUEL SITEPU. KUTALIMBARU — Kapolsek Kutalimbaru (AKP Martualesi Sitepu SH MH) meminta Pemkab Deliserdang melalui Dinas PPPA (Pusat Perlindungan Perempuan dan Anak) Deliserdang agar ikut memperhatikan MKN (13), siswi kelas 1 SMP yang menjadi korban pemerkosaan dan percobaan pembunuhan 31 Juli lalu. Permintaannya ini disampaikan oleh AKP Martualesi Sitepu saat menghadiri kegiatan Pembentukan Desa Layak Anak di Aula Kantor Desa Kutalimbaru kemarin [Senin 27/8].

“Kami menghimbau perwakilan Kantor Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Pemkab Deliserdang memberi perhatian kepada korban MKT. Pada saat kami memberikan bimbingan dan motivasi psikisnya, korban masih ingin sekolah. Ketika itu, kami yakinkan dia masih bisa bersekolah. Dari penyampaian ibu korban, korban saat ini sudah kembali dari rumah sakit dan berobat jalan sehingga kami dari kepolisian tidak harus mengurusi sekolahnya lagi, cukup dengan proses hukum kepada tersangka kami jalankan dan bimbingan psikis kepada korban kami berikan,” terang AKP Martualesi Sitepu.

Dalam arahannya, Kapolsek Kutalimbaru menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan pembentukan Desa Layak Anak karena menunjukkan negara hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan perhatian khusus kepada anak anak.

“Anak adalah generasi penerus harapan bangsa. Padanyalah tertata masa depan bangsa kita,” sebutnya.

Lanjut dikatakan, penanganan proses hukum terhadap anak dibedakan dengan orang dewasa. Hal tersebut diamanahkan dalam UU No.35 Th 2014 perubahan atas UU No.23 Th 2002 Tentang Perlindungan anak dan UU No.11 Tahun 2012 Tentang sistem peradilan anak.

“Penangkapan dan penahanan terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana adalah Ultimu Remedium ataupun langkah terakhir,” jelas Martualesi Sitepu mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kutalimbaru (Surya Tarigan Spt), Perangkat Desa Kutalimbaru, mewakili Danramil Kutalimbaru (Serka Junaedi), Kepala Seksi Pemenuhan Hak Asasi P2KBP3 Tk.II Deliserdang (Watiujo), Kepala Seksi Khusus Perlindungan Anak P2KBP3 Tk.II Deliserdang (Sudarni), Senior Program Lembaga Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Tk.II Deliserdang, UPT BKKBN Kecamatan Kutalimbaru, warga Desa Kutalimbaru dan para Pelajar SDN Kutalimbaru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.