Kolom Abenonta Tarigan: HIDUP BUTUH PERJUANGAN

0
521

Belakangan ini, banyak sekali saya membaca postingan tentang presiden. Banyak rmacam ragam tanggapan tentang pergantian ataupun tetap memilih presiden kita sekarang. Sebagai pembaca sekaligus komentator di beberapa postingan, saya ragu  tentang kehebatan atau kelemahan sang calon. Soalnya, manusia ditakdirkan tidak ada yang sempurna. Semua memiliki kelemahan yang intinya mengajak kita untuk tetap belajar.

Siapa pun peminpin negara untuk periode ini, saya sih mendukung saja.

Biarpun visi misi mereka berbeda, sebagai warga masyarakat, hendaklah kita mendukungnya selama mereka masih mempertahankan kemerdekaan kita. Aan tetapi, yang menjadi pertanyaan saya, apakah perjuangan yang telah dimulai oleh mereka selama ini harus berhenti di perjalanan? Apakah calon penggantinya telah membuat perubahan yang nyata untuk indonesia sehingga menjadi lebih maju?

Pak Tani (Lokasi: Wonoasri, Kab. Madiun). Sumber foto: https://cakshon.com/tag/orang-desa/

Sebagai kaum jelata yang hidup di bawah garis kemiskinan, saya kurang paham tentang para calon presiden periode 2019-2024. Saya tidak memiliki pengetahuan yang banyak tentang biodata mereka. Tetapi, sebagai anggota masyarakat, saya menilai meraka harus melanjutkan perjuangan mereka selama ini karena, pada dasarnya, untuk memulai perubahan butuh banyak proses dan bukan sembarangan orang dapat memulainya. Apa lagi untuk meneruskan perjuangan yang telah dimulai, apakah penggantinya bisa?

Coba tanya pada hati nirani kita yang paling dalam, betapa sakitnya hati seorang presiden jika nama baiknya seringkali direndahkan dalam berbagai tuntutan dari masyarakatnya. Tapi, dia tetap tegar dan terus berusaha membangun indonesia ke arah lebih maju. Dia tahu hidup butuh perjuangan.

Salam persahabatan!



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.