Kolom Sanji Ono: DEMO MAHASISWA RIAU

0
292

Tanya: “Bro, apa pendapatmu soal aksi mahasiswa UIR kemarin?”

 

Entahlah, gua nggak bisa kasih definisi yang pas buat mereka. Kalau alasannya kinerja Jokowi, coba mereka suruh jujur sekarang ini, ada nggak tragedi asap yang udah menghantui Riau selama 14 Tahun? Kalau mereka cerita soal kesenjangan dan pemerataan, suruh mereka jalan-jalan ke Minas, Kandis atau Duri. Lihat proses pembangunan Tol Pekanbaru–Dumai, tol pertama di Tanah Riau atau Tol Pekanbaru–Padang.

Tanya: “Iya, sih. Mungkin ini ada muatan politik, ya, bro?”

Gua nggak tau. Silahkan fikir sendiri kalau ini murni menyampaikan aspirasi kenapa mereka nggak demo waktu 3 Gubernur Riau sebelumnya masuk penjara gara-gara korupsi. Ada nggak mereka menjebol pagar Kantor DPRD dan mendudukinya? Ada nggak mereka membakar pocong Salih Yasid, Rusli Zainal dan Anas Makmum. Nggak ada, bro. Mereka membakar pocong Jokowi setelah ketua BEM UIR beberapa hari sebelumnya bertemu dengan Sandiaga Uno.

Tanya: “Terus, sikap loe gimana, bro?”

Gua nggak mungkin larang mereka demo karena itu hak mereka. Yang bisa gua lakukan dan temen-temen pengusaha lainnya adalah men-scaning calon-calon pegawai baru. Kita lihat riwayat pendidikannya. Lihat profil sosmednya. Kita nggak butuh calon pegawai cerdas yang memiliki IP di atas rata-rata tapi nggak memiliki moral dan etika.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.