CRRC Luncurkan Kereta Metro Baru yang Ringan dan Hemat Energi di InnoTrans 2018

LORETA KAROSEKALI. BERLIN – CRRC (China Railway Rolling Stock Corporation, atau ‘perusahaan’), produsen rolling stock terbesar di dunia, untuk pertama kalinya melansir kereta metro berbahan serat karbon terbaru, ‘CETROVO’. Peluncuran ini dilakukan di hadapan pemimpin industri, pemerhati kereta api dan media di Berlin kemarin [Kamis 20/9]. Kereta api baru ini 13% lebih ringan ketimbang kereta metro baja atau aluminium tradisional, menjadikannya kendaraan paling ringan dan hemat energi yang pernah dibuat perusahaan, sekaligus satu-satunya di Tiongkok.

Kendaraan baru ini juga memiliki visi masa depan, dilengkapi dengan berbagai fitur desain yang “canggih” termasuk “jendela ajaib” dan cermin sekaligus layar sentuh untuk menemani perjalanan penumpang di era digital.

Sun Yongcai, President, CRRC, mengatakan, “Angkutan kereta api berada di titik puncak revolusi. Penerimaan dan pengenalan bahan serat karbon telah memungkinkan pembuatan kereta api yang lebih ringan dan hemat energi. Untuk itu, kini diperlukan lebih banyak layanan canggih demi meningkatkan pemeliharaan, operasional, dan pengalaman penumpang. Selanjutnya, CRRC akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan serta penerapan teknologi baru dan bahan serat karbon pada kereta Maglev berkecepatan tinggi 600KM, EMU serta kereta bawah tanah berkecepatan tinggi.”

CETROVO ingin menyediakan “smart service” di mana pun penumpang berada, termasuk serangkaian fitur teknis yang canggih. Layanan ini termasuk jendela mobil yang bisa diubah menjadi tampilan layar sentuh. Penumpang dapat menonton berita, menelusuri situs internet, membeli tiket, menonton video, dan siaran langsung acara TV melalui “jendela ajaib” di CETROVO. Kereta ini juga dilengkapi dengan cermin layar sentuh yang tersambung dengan internet; bangku berdesain self-cleaning; teknologi canggih untuk mengurangi getaran dan kebisingan; sistem alat bantu dengar terpadu; serta sistem pendingin ruangan dan pencahayaan yang dapat ‘bereaksi’ terhadap kondisi yang berubah, demi perjalanan yang lebih menyenangkan.

Ding Sansan, Deputy Chief, Engineering, CRRC Sifang mengomentari kereta generasi baru ini, “Produksi barang berbahan ringan (lightweight manufacturing) adalah konsep pengembangan kereta metro demi efisiensi energi yang lebih baik. Serat karbon adalah bahan paling canggih saat ini, dan CETROVO menggabungkan teknologi ini dengan indah. Bodi mobil, rangka bogie, lemari peralatan di kabin pengemudi, semuanya terbuat dari bahan komposit serat karbon. Hasilnya, kereta api yang berbobot lebih ringan dan memiliki lebih banyak ruang untuk berbagai fitur baru.”

Fitur tambahan di kereta meliputi:

  • Traction system hemat energi yang baru untuk mencapai tingkat efisiensi energi yang lebih tinggi hingga 15% dibandingkan dengan kereta metro yang lazim ditemui.
  • Lebih dari 1.100 sensory points guna memantau kereta secara real-time demi peningkatan efisiensi dan mengurangi biaya pemeliharaan.
  • Teknologi direct drive dengan mesin penggerak magnet synchronous permanen.
  • Konverter berbahan karbida silikon untuk meningkatkan efisiensi traksi.
  • Sistem radial aktif pada bogie yang dapat mengontrol wheelset demi kinerja yang lebih baik di kurva dengan radius yang kecil.
  • Baterai internal yang dapat memberikan daya traksi hingga 15 KM.
  • Komposisi 2+N yang fleksibel hingga 12 gerbong.
  • Tingkat keausan roda berkurang secara signifikan.

Untuk mengunjungi CRRC di InnoTrans Berlin, silakan mampir ke Hall 2.2/310; untuk informasi lebih lanjut, Klik Disini.

Tentang CRRC
Bertujuan “membangun perusahaan internasional yang disegani”, CRRC telah menjadi salah satu perusahaan alat transportasi kereta api terbesar di dunia, dengan pendapatan tahunan sebesar USD31,538 miliar pada 2017. Perusahaan memiliki 83 cabang di 26 negara dan wilayah di seluruh dunia, 13 pusat penelitian dan pengembangan di luar negeri, dan basis produksi lokal di Amerika Serikat, India, Malaysia, Afrika Selatan, dan lain-lain. Produknya dijual di 104 negara dan wilayah di enam benua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.