SiruloTV: Landasan Sebuah Jembatan di Jalinsum Jambi Diperbaiki Total

0
522

BASTANTA P. SEMBIRING. JAMBI. Landasan jembatan yang menghubungkan Desa Tanjung Bojo dan Kampung Baru (Tanjung Jabung Barat, Jambi) di Jalur Lintas Timur Sumatera Jambi diperbaiki total. Telah dilakukan sejak awal Agustus lalu dan masih dalam pengerjaan. Sebelumnya, landasan jembatan ini sering jebol dan hanya diperbaiki dengan melakukan penempelan di bagian yang jebol saja.

Kali ini, perbaikan total dilakukan dengan mengganti semua beton landasannya dengan yang baru dengan kemampuan lebih kuat untuk menahan beban yang melintas di atasnya.

Pantauan Sora Sirulo di lapangan [Rabu 19/9], pengerjaannya dilakukan dengan merobohkan landasan yang lama dan diganti dengan beton yang baru. Ini dilakukan dalam satu sisi bergantian. Saat sisi yang satu dalam proses pengerjaan, sisi sebelah lainnya masih dapat digunakan demi menunjang arus transportasi. Karena itu, kendaraan yang melintas pun harus antre dan bergantian.

Walau hanya satu sisi dari jembatan yang dapat digunakan, arus lalu lintas cukup lancar, karena adanya petugas yang selalu sigap mengatur kendaraan yang datang dari 2 arah, sehingga antrean tak sampai panjang dan lama.

Perlu diketahui, jembatan ini memiliki fungsi sangat vital untuk Jalur Lintas Timur Sumatera (kategori Jalan Negara). Ramai dilewati. Mulai dari kendaraan pribadi maupun niaga dengan beraneka ukuran dan jenis muatan.

Jika jembatan ini betul-betul tidak dapat dipergunakan, dipastikan bukan hanya akses antara Desa Kampung Baru dan Tanjung Bojo saja yang terganggu, tetapi akses antar provinsi yang menghubungkan dari arah Riau dengan dari arah Jambi – Palembang dan seterunya akan terganggu. Karena ini merupakan jalan lalu lintas umum satu-satunya yang dapat dipergunakan di kawasan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.