Kolom Ganggas Yusmoro: BISAKAH KAMPANYE DAMAI TERWUJUD DI PILPRES 2019?

0
344

Ketika kemarin para tokoh partai mendeklarasikan Kampanye Damai. Ketika Pak Jokowi dan Prabowo bergandengan tangan berpakain tradisional. Bisa diyakini semua mengapresiasi dan membuat rasa sejuk. Namun, ketika menyimak dan memngkilas balik kejadian demi kejadian akhir-akhir ini, terbersit tanya: Apakah kampanye damai bisa terwujud ?

Seperti misalnya pernyataan GNPF yang ingin meng-copypaste cara-cara DKI untuk pemenangan Kubu Kardusian. Demikian juga demo-demo para mahasiswa dengan atribut agama setelah kunjungan Cawapres Sandi dan kronologi sehingga Sandi harus menggelontorkan duit masing-masing Rp. 500 Milyar kepada 2 partai.




Sejujurnya, jika mau menelisik ke belakang, ketika ujug-ujug partai oposisi seperti kerbau dicocok hidung membuat pernyataan kampanye damai, sungguh seperti mempercayai kucing liar untuk menunggu sepiriing ikan asin. Buktinya adalah, sudah mulai masif hal-hal yang berbau rasis dan politik identitas. Dan, yang teranyar, ada selebaran di Medsos dari ulama sebelah yang kembali unjuk gigi untuk mengkondisikan situasi.

Apalagi kita semua tahu di belakang pendukung Prabosan ada Amien Rais, ada GNPF, ada keluarga Cendana yang tentu saja ingin merebut Petral kembali. Ada imam besar yang selalu membuat pernyataan-pernyataan kontroversi. Tak kalah pentingnya, ada PKS yang selalu membuat gegap gempita tentang nilai Kebangsaan dan Bernegara. Ditambah ada penumpang gelap ideologi HTI yang tentu saja berusaha mati-matian untuk eksis.

Track record serta fakta dari mereka yang selama ini membuat situasi agak memanas, apakah juga ujug-ujug kita harus manthuk-manthuk dan percaya? Harapannya adalah, semoga TNI / Polri tetap waspada dan komitmen serta memberangus siapa saja yang ingin membuat Pilpres 2019 dikondisikan seperti halnya Pilkada DKI.




Yang lebih penting adalah, Relawan Jokowi musti semakin membulatkan tekat untuk kemenangan Jokowi agar adanya kesinambungan pembangunan di seluruh negeri kita tercinta.

Yang waras tidak boleh ngalah !!

#JokowiLagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.