Kolom Ganggas Yusmoro: DARI DAERAH SUARA JOKOWI MULAI DIGEMBOSI

0
613

Ada beberapa daerah yang ujug-ujug di tahun politik membuat kebijakan super aneh. Kontra produktif dan sepertinya sengaja dieksekusi agar terjadi kegaduhan di tengah-tengah masyarakat.

Berawal dari Cilegon.

Ketika Walikota Cilegon membuat peraturan melarang gereja dibangun di wilayah tersebut, sepertinya juga sengaja agar kaum Nasrani melakukan protes. Kepada siapa? Jelas ke pemerintah pusat. Nah, jika pemerintah pusat merespon kebijakan tersebut, ini yang dinanti-nantikan. Mereka akan memblow up.

Dari DKI soal Reklamasi.

Perjalanan panjang reklamasi Teluk Jakarta yang berawal dari Jaman Soeharto, dalam perjalanannya selalu terjadi kontroversi. Meski dari waktu ke waktu reklamasi ini sering terjadi tarik ulur, nyatanya tetap berlangsung.

Ketika Anis tiba-tiba membuat keputusan menghentikan reklamasi, meskipun ada 3 pulau yang dipersilahkan so much go on, silahkan dilanjutkan, jika dianalisa Anis sengaja membuat front dengan pemerintah pusat agar pemerintah pusat terpancing dengan Kebijakan tersebut.

Sepertinya Anis sudah mengkalkulasi meski antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah mempunyai wewenang, Anis yang merasa mempunyai otoritas dengan sengaja berani memutuskan jika terjadi kegaduhan, secara politis pemerintah yang notabene Jokowi tentu akan rugi.

Dari Jambi

Apakah ketika gereja yang sudah sekian lama dipakai beribadah ujug-ujug disegel hanya karena tidak ada izin membangun? Kenapa saat penyegelan di tahun politik? Apakah tempat ibadah lain sudah dipastikan mempunyai izin?

Begitu jelas aroma politik dari kebijakan-kebijakan di daerah-daerah tersebut di atas. Ketika minoritas didiskreditkan, ketika pemerintah pusat tidak mau terjebak politik murahan, kaum minoritas yang tidak berpikir panjang tentu sepertI diabaikan. Dan, pelampiasannya akan Golput.

Jika ke depan tiba-tiba ada Kepala Daerah juga melakukan kebijakan kontroversi, bisa dilihat, Kepala Daerah tersebut bisa dipastikan dari oposisi.

Menggembosi suara jokowi itu tujuannya.

Jika Jokowi tidak atau belum merespon hal-hal sepertI di atas, karena jokowi tahu, itu semua adalah jebakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.