PENINGKATAN JALAN TEMBUS KE DELISERDANG

0
539
Bupati Karo didampingi Ka Bappeda Karo, Camat Barusjahe, dan rombongan saat meninjau lokasi jalan tembus.

B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) menelusuri jalan sepanjang 3 Km bekas hasil TMMD ke-101 TA 2018 yang dikerjakan oleh TNI Kodim 0205/ TK yang dibuka kala itu oleh Bupati Karo 4 April lalu. Dalam penelusuran itu, Bupati didampingi oleh anggota DPRD Karo (Thomas Joverson Ginting), Kepala Bappeda Karo (Ir. Nasib Sianturi MSi), Camat Barus Jahe (Drs. Kalsium Sitepu), dan Kepala Desa Serdang Kecamatan Barusjahe (Dastanta Barus.

TMMD Ke 101 T.A 2018 dilaksanakan sesuai Program TNI Manunggal Bersama Rakyat membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa. Sifatnya untuk saling berkoordinasi antar instansi terkait.

“Ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di wilayah,” ungkap Terkelin menceritakan historisnya secara singkat pembukaan jalan tembus yang menghubungkan Kabupaten Karo atau Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) dengan Kabupaten Deliserdang atau Karo Hilir (Karo Jahe) ini di Desa Serdang (Kecamatan Barusjahe) [Sabtu 29/9]




“Jalan yang sudah dibuka sejak 5 bulan lamanya dibiarkan setelah penutupan TMMD Ke 101 [Kamis 3/5], ingin saya lihat bagaimana kondisi fisik tanah. Apakah tanah tersebut sudah padat atau masih lunak, sehingga kendaraan roda 4 dan roda 2 sudah bisa melintasinya. Ini terutama berlaku bagi warga yang memiliki ladang di sepanjang jalan. Inilah yang hendak saya pastikan,” tutur Terkelin di lokasi.

Menurut Terkelin, jalan ini akan terus ditingkatkan dengan membuka jalur yang masih buntu atau belum tembus ke batas wilayah Kabupaten Deliserdang. Diperkirakan sepanjang 2,5 Km lagi. Oleh sebab itu, beberapa hari lalu [Jumat 28/9] Pemkab Karo telah menampung kembali anggaran di P-APBD Karo untuk peningkatan jalan Serdang Karo tembus Kabupaten Deliserdang dengan dana menelan 1,5 M rupiah.

Jalan setapak yang dilalui oleh Tim KTC Karo Tracker Community) saat melintasi hutan perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Deliserdang dengan titik berangkat dari Desa Serdang. Foto: KTC.

Peningkatan pengerjaan jalan akan dilanjutkan oleh TNI khususnya Kodim 0205/TK, melalui “Karya Bakti” namun waktu dan pengerjaan, secara teknisnya Pemkab Karo menyerahkannya ke Kodim 0205/TK, sesuai Program Kodim 0205/TK.

Sementara anggota DPRD Karo (Thomas Joverson Ginting) mengatakan, DPRD Karo, selalu mendukung program Bupati Karo sepanjang demi kebutuhan masyarakat luas. Pembukaan jalur jalan ini menurutnya sangat bermanfaat bagi perkembangan kemajuan Kabupaten Karo dalam beberapa bidang; parawisata, perekonomian dan perdagangan.

“DPRD Karo terus mendorong dan berupaya hingga sampai selesai jalan ini memonitor agar tidak sempat terhenti pengerjaannya gara-gara tidak ada anggaran,” tegas Thomas.

Hal senada dikatakan oleh Nasib Sinturi (Kepala Bappeda Karo) agar jalur jalan baru ini dapat selesai dan bisa dilewati.

“Agar terus berkesinambungan hingga TMMD selesai, maka dilanjutkan dengan Karya Bakti TNI. Nah, ini sudah dipikirkan oleh Pemkab Karo ke depan,” ujarnya singkat.

Camat Barusjahe (Kalsium Sitepu) menyampaikan aspirasi sebagai perwakilan masyarakat di wilayahnya, pada prinsipnya masyarakat Serdang mendukung program Pemkab Karo. Warga Desa Serdang selalu membantu dengan ikhlas memberikan lahan ladangnya jika ada terganjal dalam pembukaan jalur jalan baru tersebut,” terang Kalsium dengan sukacita.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.