JANGAN MAIN API DENGAN HARGA CABAI

0
160

Kapolda Sumut berjanji akan mencari tahu mengapa harga cabai merah maupun rawit naik di pasaran.

“Apakah mungkin karena faktor hujan, kita akan mencari kira-kira apa ada fakltor lain yang menyebabkan harga cabai merah dan rawit mengalami kenaikan. Untuk harga kebutuhan pokok lainnya dari hasil peninjauan yang dilakukan relatif stabil,” jelas Kapolda Sumut [Selasa 9/10].

Menurut Kapolda Sumut lagi, Perum Bulog beserta yang lainnya telah mendirikan Kedai Kita yang bertujuan menstabilkan harga.

Oleh karenanya, Kapolda Sumut menghimbau kepada masyarakat yang hendak pergi berbelanja agar lebih dahulu mengecek harga di Kedai kita sehingga mengetahui harga yang sebenarnya berlaku di pasar.




Terkait dengan keluhan pedagang ikan basah mengenai adanya pedagang ikan yang berjualan tidak pada tempatnya di kawasan Jl. Bulan, Kapolda langsung menegaskan segera melakukan penertiban.

“Untuk  itulah kita turun hari ini guna mengetahuin apa yang menjadi masalah dan menyelesaikannya,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Medan, peninjauan yang dilakukan bersama Kapolda Sumut untuk mengetahui kondisi pasar yang tengah terjadi saat itu. Dari hasil peninjauan yang dilakukan, segera dilakukan tindak lanjut untuk mengatasinya, termasuk kenaikan harga cabai merah dan rawit serta keluhan pedagang ikan basah di Los Pasar Ikan Basah Pusat Pasar.

“Kita  mengingatkan kepada para pedagang maupun spekulan agar tidak ada lagi yang ‘main api ‘ untuk bisa membuat  kondisi Kota Medan tidak aman dan nyaman menyusul terjadinya kenaikan harga. Melalui OPD terkait, kita akan terus berupaya agar harga-harga bahan kebutuhan pokok tetap stabil. Oleh karenanya kita akan terus melakukan pengawasan melalui Tim Ketahanan Pangan Pemko Medan, TPID Kota Medan beserta Polrestabes Medan dan Polda Sumut,” kata Wali Kota.




Setelah itu, Kapolda Sumut dan Wali Kota beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke Brastagi Super Market Jl. Imam Bonjol, Medan. Selain mengecek harga bahan kebutuhan pokok, Kapolda Sumut dan Wali Kota juga memerikan expired makanan dan minuman yang dijual guna memastikan benar-benar layak konsumsi.

Selanjutnya peninjauan diteruskan ke Pasar Petisah, harga bahan kebutuhan pokoh relatif stabil dan tidak jauh dengan harga di Pusat Pasar. Kenaikan hanya terjadi pada cabai merah yang kini dijual Rp. 49 ribu/ kg dan cabai rawit Rp. 45.000/ kg. Sedangkan harga bawang merah Rp. 20 ribu/ kg, tomat Rp. 10 ribu/ kg, daging sapi Rp. 119 ribu/ kg, daging kambing Rp. 80 ribu/ kg dan ayam potong Rp. 29 ribu/ kg.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.