Kolom Asaaro Lahagu: ANALISA MENGAPA AMIN RAIS DIPERIKSA POLISI

Lewat pemeriksaan polisi hari ini, bisa jadi Amin Rais sudah bisa disimpulkan sebagai tersangka penyebar hoax kelas kakap. Kita tunggu hasil penyelidikan polisi.

1
495

Bagi para pendukungnya, Amin Rais haram diperiksa. Amin Rais tidak boleh diperiksa. Ia adalah bapak reformasi, pelengser Soeharto, pelengser Gusdur, mantan Ketua MPR, mantan Ketua PP Muhammadyah, pendiri PAN dan sekarang Penasehat Alumni 212.

Begitulah syadat iman para pendukungnya.

Jika Amin Rais diperiksa, maka polisi salah besar. Amin Rais adalah manusia suci, berasal dari Partai Allah. Lawannya adalah Partai Setan. Amin Rais tidak mungkin salah. Tingkat pemahamannya akan hukum sangat tinggi. Ia adalah seorang profesor, doctor, sudah berumur, sudah beranak cucu, sudah kenyang kebajikan.

Maka, ketika Amin Rais tetap dipanggil polisi, dunia seakan heboh. Pendukung Amin Rais berteriak, mengecam pemanggilan itu. Amin Rais sendiri geram.

“Beraninya polisi memanggil diriku,” kata Amin Rais.




“Copot Kapolri Tito!” teriak Amin Rais.

“Saya akan membongkar kasus hukum di KPK,” ancam Amin Rais.

Pada panggilan pertama polisi, bolehlah Amin Rais berkelit. Pada panggilan ke dua, Amin Rais sudah harus mulai was-was. Jika ia mangkir, maka ada panggilan ke tiga disertai surat Perintah Penangkapan. Apa jadinya jika seorang Amin Rais ditangkap polisi dan dimasukkan ke dalam tahanan 2 x 24 jam?

Selain publik mencelanya, publik juga mencapnya sebagai penakut, pengecut. Kata penakut atau pengecut menurut Desmon, politisi Gerinda dan kata pengkhianat oleh Sri Bintang Pamungkas dan Tri Sutrisno, semakin terbukti.

Jadi, Amin Rais memang serba salah. Jika ia memenuhi panggilan polisi, maka ditaruh ke mana muka ini? Bukankah ia menganggap dirinya sangat tinggi, lebih hebat, manusia suci, bapak reformasi? Apa yang terjadi jika ia ditohok beragam pertanyaan dari polisi?

Toh Amin Rais tidak bisa berkelit. Ia tidak mungkin mangkir terus-menerus. Iapun hari ini [Rabu 10/10] datang ke Polda sambil dikawal oleh pasukan demonya. Pasukan demo itu dimaksudkan untuk sekedar menakut-nakuti polisi dan membuat kehebohan.

Pertanyaannya adalah mengapa Amin Rais diperiksa polisi? Apa dosa Amin Rais terkait dengan hoax Ratna Sarumpaet?

Amin Rais diperiksa polisi untuk diferifikasi beberapa temuan polisi terkati kebohongan Ratna. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, ada 2 alasan pihaknya memeriksa Amien dalam kasus ini.

Pertama, karena Ratna menyebut nama Amien Rais saat diperiksa polisi. Ke dua, karena Amien sempat ikut dalam konferensi pers terkait klaim penganiayaan Ratna.




Mari kita analisa alasan pertama polisi. Menurut polisi nama Amin Rais disebut dalam pemeriksaan. Pertanyaannya adalah mengapa Ratna menyebut nama Amin Rais? Ada 3 kemungkinan alasannya.

Pertama, Ratna menyebut nama Amin Rais karena telah meneleponnya untuk melaporkan dirinya telah dianiaya. Ke dua, Ratna menyebut Amin Rais sebagai orang pertama yang mendorong Ratna untuk berbohong bahwa dirinya telah dianiaya. Ke tiga, Ratna menyebut nama Rais sebagai otak skenario bohongnya Ratna.

Jika alasan pertama nama Amin Rais disebut hanya karena Ratna mau mengadu, maka pemeriksaan Amin Rais hari ini hanya sekedar konfirmasi. Sesuai dengan pernyataan polisi bahwa pihak Amin Rais jangan takut dulu. Polisi hanya mengonfirmasi beberapa fakta hoax Ratna. Artinya jika nama Amin Rais hanya disebut untuk dikonfirmasi, maka legalah Amin Rais.

Alasan ke dua, nama Amin Rais disebut karena salah satu tokoh yang mendorong Ratna berbohong. Jika Amin Rais sudah tahu bahwa Ratna berbohong, namun ia tetap mendorong untuk tetap berbohong, maka motif ini akan didalami polisi. Posisi Amin Rais dalam hal ini akan terjepit.

Apalagi jika alasan ke tiga namanya disebut karena otak skenario bohongnya Ratna, maka Amin Rais berada dalam bahaya. Ia bisa menjadi orang ke dua yang menjadi tersangka. Ketiga kemungkinan itu bisa saja menjadi fakta seturut keterangan Ratna kepada polisi. Apalagi para pengacara Ratna berjanji akan membongkar siapa saja yang terlibat dalam kasus itu.

Lalu, bagaimana dengan alasan ke dua polisi? Amin Rais dipanggil untuk diperiksa karena ikut konferensi pers Prabowo bahwa Ratna telah dianiya. Alasan ke dua ini pasti ada kaitannya dengan alasan pertama. Jika Amin Rais termasuk dalang soal bohongnya Ratna, maka keikutsertaan Amin Rais dalam konferensi pers Prabowo sangat logis.

Ikut sertanya Amin Rais dalam konferensi persnya Prabowo sangat beralasan. Dia hadir di sana untuk meyakinkan publik dan bersama-sama mengecam penganiyaan itu. Amin Rais sengaja berdiri di samping Prabowo untuk membenarkan kejadian itu.

Jadi, apa peran Amin Rais dalam kasus bohongnya Ratna Sarumpaet? Bisa sebagai saksi bohongnya Ratna dan bisa juga sebagai perancang skenario bohong Ratna Sarumpaet. Apalagi sebelumnya Amin Rais sempat ingin mendatangi Kapolri Tito bersama Prabowo terkait Ratna. Amin Rais ingin berbicara dari hati ke hati dengan Tito.




Hal yang menjadi masalah bagi Amin Rais adalah karena belum diinvestigasi polisi, Amin Rais sudah menuding dan memfitnah pemerintahan Joko Widodo. Ia menyebut bahwa selama ini ada beberapa ulama yang dibunuh, dicincang, dan dianiaya orang gila.

Ucapan-ucapan Amin Rais bernada fitnah kepada Jokowi selama ini, seperti Jokowi antek PKI, Jokowi ngibul dan seterusnya, menambah alasan pemeriksaan Amin Rais. Selain itu, puterinyanya Hanum Rais diketahui juga sebagai salah satu penyebar hoax Ratna.

Lewat pemeriksaan polisi hari ini, bisa jadi Amin Rais sudah bisa disimpulkan sebagai tersangka penyebar hoax kelas kakap. Kita tunggu hasil penyelidikan polisi.





1 COMMENT

  1. “Ratna menyebut Amin Rais sebagai orang pertama yang mendorong Ratna untuk berbohong bahwa dirinya telah dianiaya.”

    Wow, Amien Rais orang pertama nyuruh untuk berbohong . . . payah juga ini kemelut pak Amien, apalagi nanti kalau dikonfrontasikan dengan RS, dan kalau ada buktinya . . . rame memang. Siapa yang senang?
    Orang luar yang mengincer kekuasaan dan SDA Indonesia . . . seperti pecah belah 1965 . . . itulah orangnya yang happi happi dibelakang layar. Prabowo yang sering teriak nasionalisasi milik asing . . . orang asing ini ketakutan memang kalau Prabowo jadi presiden. Walaupun adik Prabowo belakangan sering ngomong TIDAK ADA TUJUAN MENASIONALISASI PERUSAHAAN ASING. Karena itu jadi pertanyaan, hoaks RS untuk menjatuhkan Jokowi atau Prabowo?

    MUG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.