HARGA SAYUR MAYUR DI BERASTAGI (Sawi Manis Melonjak, Cabe Tetap Mahal, Daun Prei dan Kol Bunga Turun)

0
210

JULY CHRISTY. BERASTAGI. Cuaca di Kota Wisata Berastagi pagi tadi [Sabtu 13/10] sangat cerah. Cuaca kemudian berubah dengan turunnya hujan pada Pkl. 14.00 Siang, dan sekarang saat berita ini sedang dikirim ke redaksi [Pkl. 16.45], cuaca kembali cerah. Secara umum, sejak sebulan bisa dikatakan Dataran Tinggi Karo telah mengalami Musim Hujan setelah meninggalkan Musim Kemarau yang cukup panjang. Kemarau panjang itu meninggalkan bekas pada tingginya harga cabe di pasaran.

Sebagaimana hasil survey Sora Sirulo di Pusat Pasar Berastagi di tingkat pengecer,  terjadi kenaikan harga pada cabe merah dan cabe rawit di rentang 5-7 ribu/ kg.

Sebab langsungnya adalah kurangnya pasokan barang dari petani ke pasar. Memang, selain di Dataran Tinggi Karo yang memang daerah produsen cabe, khususnya cabe merah keriting, di banyak tempat terjadi kemarau panjang. Akibatnya, khususnya di Dataran Tinggi Karo, banyak bibit cabe yang sempat ditanam oleh petani tidak lanjut tumbuh atau pertumbuhannya tidak bagus.

Jadi, bukanlah karena hujan lebat akhir-akhir ini yang mengakibatkan tingginya harga cabe. Dugaan sebagian orang selama ini, hujan lebat mengakibatkan petani tidak bisa ke ladang untuk memanen buah cabenya. Padahal, karena tanaman yang tidak banyak tumbuh setelah kemarau panjang sebelumnya sehingga produksi di Dataran Tinggi Karo juga menurun. Produksi yang jauh menurun ini membuat harga cabe di pasaran meninggi.

Kenaikan harga yang mengejutkan terjadi pada sawi manis. Seperti halnya cabe, produksi sawi manis juga sangat menurun. akan tetapi, penyebab menurun harga sawi manis bukanlah kemarau panjang seprti halnya cabe, tapi dikibatkan oleh wabah penyakit alias hama.

Tomat dan kol masing-masing naik Rp. 2 ribu/ Kg dibandingkan Sabtu lalu.

Penurunan harga terjadi pada daun prei. Turunnya sampai Rp. 5 ribu/ kg dibandingkan Sabtu lalu. Buncis dan kol bunga juga mengalami penurunan harga masing-masing Rp. 2 ribu/ Kg dibaningkan Sabtu lalu. Penurunan harga ketiga jenis sayuran ini terkait dengan banyaknya hari ini petani yang mengantarkan hasil panennya ke pasar sehingga terjadi peningkatan produksi lebih dari biasanya.

Berikut harga sayur mayur ditingkat pengecer tercatat hari ini




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.