TOMAT BERLAGAK LABU KUNING (Jambe Jamborat)

0
317

JULY CHRISTY. BERASTAGI. Saat melakukan survey harga-harga sayur mayur di Pusat Pasar Berastagi pagi tadi [Sabtu 13/10], reporter SORA SIRULO tertarik pada penampakan tomat yang unik. Tomat-tomat itu ditempatkan di sebuah keranjang bambu sebuah kios milik seorang pedagang sayur mayur.


Bentuknya tidak bulat atau pun lonjong seperti tomat pada umumnya.

Lebih menyerupai bongkahan labu kuning dalam versi kecil. Ukuran tomat ini lebih besar dibanding tomat biasa dan tekstur kulitnya lebih keras apabila dibandingkan dengan tomat biasa.




Ketika reporter anda menanyakan kepada pedagangnya kenapa bentuknya berbeda dengan tomat-tomat lain biasanya, dia mengaku tidak mengerti kenapa bisa seperti itu. Nantinya, kita bertanya bertanya kepada salah seorang petani tomat di daerah kita. Menurutnya, ada beberapa faktor penyebabnya.

Bisa jadi bibit palsu, varietas yang tidak cocok dengan tanahnya. Mungkin juga terkena hama/ kutu trip. Masih menurutnya, tomat seperti itu biasanya susah untuk dijual ke pasar lokal karena kemungkinan pembeli merasa aneh untuk menggunakan tomat untuk bahan sayuran.

Reporter anda tidak jadi membeli tomat itu, khawatir pada akhirnya hanya akan jadi pajangan.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.