DINAS PARIWISATA GELAR PRA PEMILIHAN JAKA DARA

SALMEN SEMBIRING. MEDAN. Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Pra Pemilihan Jaka Dara Kota Medan [mulai Rabu 17/10]. Kegiatan ini berlangsung di 21 kecamatan se-Kota Medan. Demikian disampaikan Kadis Pariwisata Kota Medan (Drs. Agus Suriyono) di kantor Wali Kota Medan [Selasa 16/10].

“Dari setiap kecamatan, kita akan pilih 5 pasang terbaik untuk mengikuti Grand Final Jaka Dara yang akan digelar tahun 2019,” ungkapnya.

Kelima pasang Finalis Jaka Dara dari masing-masing kecamatan ini, lanjut Agus, akan dibina oleh Dinas Pariwisata Kota Medan untuk mengikuti Babak Final Pemilihan Jaka Dara tahun 2019 mendatang. Bagi Jaka Dara pemenang nantinya akan dijadikan Duta-duta Pariwisata dan Pembangunan Kota Medan guna mengembangkan serta mempromosikan pariwisata yang ada di kecamatan masing-masing.

Selanjutnya Agus menjelaskan, Pra Pemilihan Jaka Dara dimulai Rabu [17/10] di Kecamatan Medan Sunggal. Kemudian dilanjutkan setiap hari, kecuali hari Minggu, ke kecamatan-kecamatan lain hingga tanggal 9 November.

“Kami menginginkan yang menjadi Jaka Dara benar-benar berasal dari Kota Medan. Karena pada hakikatnya Pemilihan Jaka Dara Kota Medan bertujuan untuk menggali potensi serta memberi wadah kepada generasi muda Kota Medan dalam berkarya serta mengembangkan diri,” ujar Agus.

Bagi kawula muda yang berminat, sambung Agus, dapat mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut; memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Medan atau Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, usia minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun, pendidikan minimal SMU/SMK/Sederajat, tinggi badan minimum 170 (Jaka) dan 165 (Dara).




Kemudian, belum pernah menikah, Surat izin dari orang tua/wali, surat pernyataan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, berkepribadian baik, berpenampilan menarik, dan berwawasan luas, dapat berkomunikasi dalam bahasa asing baik lisan dan tulisan (lebih diutamakan) dan mengerti IT minimal memiliki akun media sosial.

“Daftarkan diri melalui Lurah dan Camat masing-masing atau bisa langsung ke Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan dengan membawa persyarakat tersebut. Setelah itu kami akan mendistribusikan berkas pendaftaran peserta sesuai dengan tempat audisi di kecamatan masing-masing. Ayo, Catat tanggalnya dan persiapkan diri,” kata Agus.

Adapun jadwal lengkap kegiatan Pra Pemilihan Jaka Dara Kota Medan sebagai berikut :

Rabu, 17 Oktober di Kecamatan Medan Sunggal

Kamis,10 Oktober di Kecamatan Medan Helvetia

Jumat, 19 Oktiber di Kecamatan Medan Marelan

Sabtu, 20 Oktober di Kecamatan Medan Belawan

Senin, 22 Oktober di Kecamatan Medan Labuhan

Selasa, 23 Oktober di Kecamatan Medan Deli

Rabu, 24 Oktober di Kecamatan Medan Perjuangan




Kamis, 25 Oktober di Kecamatan Medan Timur

Jumnat, 26 Oktober di Kecamatan Medan Tembung

Sabtu, 27 Oktober di Kecamatan Medan Denai

Senin, 29 Oktober di Kecamatan Medan Area

Selasa, 30 Oktober di Kecamatan Medan Amplas

Rabu, 31 Oktober di Kecamatan Medan Johor

Kamis, 1 November di Kecamatan Medan Tuntungan

Jumat, 2 November di Kecamatan Medan Selayang

Sabtu, 3 November di Kecamatan Medan Baru

Senin, 5 November di Kecamatan Medan Polonia

Selasa, 6 November di Kecamatan Medan Maimun

Rabu, 7 November di Kecamatan Medan Kota

Kamis, 8 November di Kecamatan Medan Petisah

Jumat, 9 November di Kecamatan Medan Barat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.