Ajang 2018 Golden Comic Awards & Connection+ tingkatkan kerja sama internasional

0
384

ANG SAN MEI. TAIPEI (Taiwan) — Ajang 2018 Golden Comic Awards & Connection+ digelar pada 2 Oktober, dinilai sebagai kesuksesan bersejarah oleh para kurator acara komik dan pelaku industri. Ajang tahun ini kembali menyedot perhatian besar berkat sejumlah upaya dari pihak penyelenggara, Kementerian Kebudayaan untuk mengadakan pertukaran Internasional dan sesi pencarian rekan bisnis (matching events), beserta ajang penghargaan.

Menanggapi beberapa acara tersebut, Hew Kuan-yau, Kurator Asia Comic Cultural Museum di Malaysia, berkata, sektor komik Taiwan terus membuat kejutan, dan sejumlah komik yang disaksikannya dalam acara itu kian beraneka ragam dalam beberapa tahun belakangan.




Elisabeth Wolf, Pendiri dan Pemilik Chinabooks E.Wolf asal Swiss, gembira dengan kinerja festival itu, mengingat pihak pembeli bisa membeli hak penerbitan komik sambil bertemu dengan sejumlah seniman komik terbaik TaiwanPaul Gravett, Kurator Independen dari Inggris, menilai Sean Chuang sebagai salah satu novelis grafis terbaik dunia, dan dia berharap bisa menyaksikan lebih banyak lagi komik sastra di ajang mendatang.

Berbagai komik Taiwan merupakan produk yang sangat kaya, siap diubah menjadi sejumlah produk turunan. Mengakui hal ini, ajang Golden Comic Awards & Connection+ tahun ini memamerkan bagaimana komik-komik Taiwan telah menginspirasi atau telah disadur ke dalam berbagai film, games dan musik.

Scrolls of a Northern City karya AKRU, dirilis sebagai film, dipuji oleh Spesialis Komik Perancis Laurent Melikian dan Chief Operating Officer Access Bright asal Jepang Osato Yuji, yang memuji aspek produksi karena menunjukkan hubungan alamiah antara komik dan film.

Yang mencuri perhatian dalam ajang tahun ini adalah pameran aplikasi extended reality (XR) “Young-Jiu Grocery Store”, dan lagu tema pameran yang menampilkan komik Demo#. Secara keseluruhan, ajang tahun ini menampilkan berbagai hasil kegiatan promosi dari karya-karya turunan pada ekonomi kreatif kebudayaan.




Tahun ini juga menandai kerja sama perdana Golden Comic Awards & Connection+ dengan festival komik asing dari Jepang, Kaigai Manga Festa. Panitia penyelenggara membayar pemenang ajang 9th GCA Li Lung-chieh untuk menghadiri ajang Kaigai tahun ini. Para pemenang GCA lain akan menghadiri ajang COMITIA di Tokyo pada November, serta Kitakyushu Pop Culture Festival.

Ajang 2018 Golden Comic Awards & Connection+ tak hanya menjadi peluang menanamkan pasar setempat dengan ide-ide baru, namun juga mengusung komik-komik Taiwan ke pentas dunia.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.