WALI KOTA AJAK MASYARAKAT DUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN

0
162

SALMEN SEMBIRING. MEDAN — Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) mengajak seluruh warga Kota Medan ikut melestarikan lingkungan. Sebab, tanpa dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat upaya Pemko Medan untuk melestarikan lingkungan hidup. Dukungan itu bisa diwujudkan dalam bentuk melakukan penanaman pohon, tidak membuang sampah sembarangan serta senantiasa menjaga kebersihan air.

Ajakan ini disampaikan oleh Wali Kota ketika menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Tingkat Kota Medan Tahun 2018 yang dipusatkan di halaman SD Swasta Model Al Azhar Jalan Pintu Air, kelurahan Kwala Bekala (Medan Johor) [Sabtu 20/10].

Kepedulian masyarakat untuk mendukung pelestarian lingkungan sangat penting. Di samping menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat, juga mencegah diterpa bencana seperti tanah longsor maupun banjir. Itu sebabnya, tegas Wali Kota, semua harus terlibat dan mendukung pelestarian lingkungan di sekitar wilayah tempat tinggal masing-masing.




Sebagai contoh, yang bisa dilakukan oleh setiap anggota masyarakat dalam mendukung pelestarian lingkungan, jelas Wali Kota, salah satunya menanam pohon di halaman rumah. Selain untuk penghijauan, pohon yang ditanam itu nantinya jika tumbuh dan berkembang dapat mengikat atau menyerap air serta menghasilkan oksigen yang bersih.

“Melalui kegiatan ini, mari kita jadikan momentum untuk bersama-sama melestarikan lingkungan. Selain penanaman pohon, dukungan bisa kita lakukan untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama dalam parit maupun sungai. Ingat, lingkungan hidup yang terjaga kebersihannya menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang cinta lingkungan,” kata Wali Kota.

Pelestarian lingkungan yang dilakukan Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup, tegas Wali Kota, akan terus dilakukan sehingga terwujud Medan Go Green.

“Upaya ini akan sia-sia tanpa dukungan penuh seluruh anggota masyarakat. Jadi mulai hari ini, mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan,” ajaknya.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan, warga yang peduli dengan pelestarian lingkungan kian banyak. Namun jumlahnya tidak sebanding dengan volume harian sampah yang dihasilkan di Kota Medan. Itu sebabnya Wali Kota berharap kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan masih perlu ditingkatkan, termasuk kesadaran tidak membuang sampah sembarangan.




Usai memberikan sambutan, Wali Kota selanjutnya menyematkan pin kepada menyematkan pin Duta Lingkungan Hidup sekaligus menyerahkan bibit pohon kepada sejumlah siswa sekolah-sekolah Adiwiyata. Kehadiran duta lingkungan hidup ini sebagai upaya untuk mengajarkan sejak dini agar anak-anak cinta dan peduli dengan lingkungan.

Setelah itu Wali kota bersama siswa yang menjadi duta lingkungan serta Pengelola Perguruan Al Azhar H Mahruzar Nasution melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi acara. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran lingkungan hidup.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kota Medan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan berlangsung sangat meriah. Selain jalan santai disertai pengutipan sampah di sepanjang Jalan Pintu Air 4, juga diisi dengan lomba melukis tingkat SD/MI. Kemudian lomba fashion show dari bahan daur ulang, baca puisi pidato serta pameran lingkungan hidup.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Isya Ansyari SST, Peringatan Hari Lingkungan Hidup kali ini mengusung tema “Kendalikan Sampah Plastik”. Dengan tema ini, Isya mengatakan, Pemko Medan wajib mensosialisasikan dan mengelola serta mengendalikan sampah plastik agar Kota Medan lebih bersih, indah dan rapi.

“Sesuai dengan target Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Kota Medan dari tahun 2018 sampai tahun 2020 berkurangnya 30% dan terkelolan 70% sampah di Kota Medan. Untuk itulah melalui kegiatan yang digelar hari ini, kita berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan sehingga Kota Medan menjadi lebih bersih, indah dan rapi,” harap Isya.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.