Kolom Ita Apulina Tarigan: EDISI TERAKHIR TABLOID BOLA

0
212

Beberapa hari ini saya ikuti proses cetak edisi terakhir Tabloid Bola. Tadi malam adalah finalisasinya. Tak sadar airmata menetes. Sama seperti majalah Hai, Bola juga adalah yang menemani masa remaja saya. Selalu saya ingat Gary Lineker, para pemain Liverpool dan Sugar Ray Leonard yang posternya nampang di kamar saya, bersebelahan dengan Sepultura, Metallica dan New Kids On The Block.

Hal ke dua yang membuat saya menangis, teringat ketika kita memutuskan menghentikan edisi cetak Tabloid SORA SIRULO di 2013 silam, setelah terbit selama 7 tahun.

Dengan alasan nyaris sama, biaya operasional sudah terlalu besar. Kita sudah tidak kuat lagi. Semalaman saya menangis ketika memutuskan dan meminta agar edisi cetak dihentikan. Seperti HAI dan Bola, Tabloid SORA SIRULO edisi cetak dibunuh oleh induknya (I am crying while writing this).

Saat mengerjakan Tabloid SORA SIRULO di dapur redaksi (Medan). Paling kiri Pemimpin Umum (Juara R. Ginting). Di sebelahnya designer (Vinsen Sitepu) dan 2 perempuan berdiri adalah staf redaksi. Foto diambil oleh Pemimpin Redaksi (Ita Apulina Tarigan)

Sejak itu pula, saya kembali bekerja hingga kini, menjadi professional yang jauh dari tulis menulis. Selama 2 tahun pertama sebagian gaji saya untuk menyicil utang ke percetakan Gramedia. Seorang stafnya berbaik hati selalu melunasi biaya cetak Tabloid SORA SIRULO. 2 tahun saya cicil kepadanya. Terimakasih buat Andi dan istri, sabar menunggu cicilan saya.

Salah satu halaman Tabloid SORA SIRULO cetak

Malam ini, dada saya sesak menyaksikan kembali foto-foto para kru Tabloid Bola untuk menerbitkan edisi terakhir mereka. Mereka iringkan film cetakan hingga ke mesin cetak Gramedia. I feel you guys, I am on your side. Semoga setelah ini, jalan hidup membawa kalian ke arah yang lebih baik.

Semoga hasil kerja yang sudah kita bunuh mau memaafkan kita.

Tangerang, 26 Oktober 2018

CATATAN REDAKSI: Slide di bawah berisi halaman demi halaman dari salah satu edisi Tabloid SORA SIRULO. Buka lembaran demi lembaran untuk melihat semua halaman dengan mengklik tanda panah di kanan.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.