HARGA SAYUR MAYUR DI PASAR INDUK MEDAN (Cerminan Ekonomi Indonesia Bagian Barat)

Ulasan Tentang Kenaikan Harga Bawang Merah dan Turunnya Harga Tomat, Cabe, dan Bawang Putih.

0
239

Laporan: Elisabeth Barus (Medan)

 

Harga sayur mayur di Pasar Induk Lau Cih Medan pagi ini [Kamis 1/11] bisa dikatakan secara umum stabil. Kenaikan harga terjadi pada Bawang Merah, sedangkan penurunan harga terjadi pada semua jenis cabe, bawang putih dan tomat. Namun begitu, naik turunnya harga ini tidak sangat mencolok. Harga tomat, misalnya, turun dari Rp. 7.500/ Kg ke Rp. 6.500/ Kg.

Diramalkan 2 – 3 hari ke depan harga tomat akan meluncur turun.

Naiknya Harga Bawang Merah

Selama ini bawang merah harganya sudah turun drastis sehingga sekarang, setelah mencapi harga terendah, terjadi kenaikan. Turunnya harga bawang merah, saat itu, adalah akibat terjadinya over production di tingkat petani.




Kenaikan harga terjadi setelah para petani dari Pulau Jawa menahan panen mereka untuk tidak dijual sehingga terjadi penurunan pemasokan barang ke pasar. Dengan begitu, harga bawang pun mulai meningkat berbanding terbalik dengan penurunan masuknya bawang merah ke pasar.

Bawang merah yang beredar di pasar-pasar Indonesia saat ini umumnya berasal dari Bima dan Lombok. Tapi, itupun jumlah terbatas karena transaksi di pasar induk saat ini agak lambat. Berikut adalah daftar harga bawang merah hari ini di Pasar Induk Medan: Bawang merah Brebes Rp. 17 ribu/ Kg, Bawang Merah Solok Rp. 11 ribu/ Kg, dan bawang merah Samosir Rp. 8 ribu/ Kg.

Seorang ibu Karo yang berjualan di Pasar Induk Lau cih sedang menata dagangan tomatnya.

Turunnya Harga Cabe

Turunnya harga semua jenis cabe karena terjadinya peningkatan produksi di tingkat petani sehingga barang membanjir ke pasar. Pasokan cabe rawit banyak datang dari jawa. Cabe merah datang dari Jambi, Palembang dan Kerinci Lampung.

Cabe lokal pun sudah mulai masuk karena petani mulai panen, seperti dari daerah pinggiran Danau Toba dan daerah Batubara/ Limapuluh.

Harga Cabe hari ini: Cabe merah Rp. 25 ribu/ Kg, cabe rawit Gugung Rp. 30 ribu, cabe rawit Jawa Rp. 20 ribu/ Kg, cabe hijau Rp. 18 ribu/ Kg, cabe caplak Rp. 35 ribu/ Kg

Naik Turunnya Harga Bawang Putih

Naik turunnya harga bawang putih sangat tergantung pada kuota tahunan negara kita untuk mengimport komoditas yang satu ini. Indonesia belum swasembada bawang putih. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, impor bawang putih dilakukan dari China, India dan Thailand serta beberapa negara penghasil bawang putih lainnya.

Beberapa pedagang muda menunggu para para pembeli sambil melepas lelah mengadakan acara menyuntil tembakau setelah mengunyah sirih). Mereka semuanya adalah putri Suku Karo.

Beberapa waktu lalu, harga bawang putih di Pasar Induk Medan up and down (naik turun). Namun, sebulan terakhir ada kenaikan karena kuota impor negara kita habis sampai Desember. Otomatis para importir bawang putih di Medan membatasi peredaran barang. Menjelang Desember ini, kembali mereka mengeluarkan stok barang dari gudang.

Harga Tomat Kemungkinan Turun Lagi 2 – 3 Hari ke  Depan

Naiknya harga tomat di Medan dalam 2 minggu terakhir ini adalah akibat banyaknya kampung-kampung di Taneh Urang Gunung-gunung (bagian dari Dataran Tinggi Karo)  yang merayakan pesta rakyat Kerja Tahun. Disibukkan oleh pesta rakyat kampung mereka, warga kampung-kampung itu menunda pemanenan buah tomat mereka. Akibatnya, pasokan ke Pasar Induk Medan menjadi menurun saat itu.

Para lelaki Karo sibuk mengangkut barang dagangan, sedangkan para perempuan Karo santai bercengkerama menunggu para pria selesai mempersiapkan dagangan mereka.

Kini, ketika pesta rakyat yang baru saja mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia Tak Benda ini habis periodenya di Taneh Urang Gunung-gunung, warga kampung-kampung itu mulai memanen hasil tanaman tomat mereka. Secara matematis, hasil panen tomat kali ini akan berganda (2 kali lipat jumlahnya) sehingga pasokan komoditi tomat mulai meningkat 2 kali lipat dan harganya pun menurun.

Diramalkan, beberapa hari ke depan harga tomat akan terus menurun. Meskipun ada peningkatan pemasokan barang dari petani produsen, hingga saat ini belum ada pasokan tomat dari luar Karo. Dalam 2 – 3 hari ini akan datang pasokan tomat dari Jawa ke Medan dengan konsekwensi logis terjadinya banjir barang ini akan menurunkan harga jual/ belinya.




Dari ramalan itu, disarankan agar petani tomat Taneh Urang Gugung untuk tidak menunggu pemanenan tomat mereka terlalu lama agar mendapat harga jual yang masih baik

Daftar Harga Sayur Mayur Lainnya

Kol Rp. 4.500/ Kg

Sayur pahit Rp. 4.800/ Kg

Kentang Rp. 4.500/ Kg

Jipang Rp. 60 ribu/ 1 rajut

Anak jipang Rp. 4.500/ Kg

Buncis Rp. 3.500/ Kg

Brokoli Rp. 6 ribu/ Kg

Bunga kol Rp. 7 ribu/ Kg

Bit Rp. 6 ribu/ Kg




Sayur botol Rp. 2.500/ Kg

Daun sop Rp. 10 ribu/ Kg

Daun pre Rp. 5 ribu/ Kg

Wortel Rp. 5500/ Kg

Terong antaboga Rp. 5 ribu/ Kg

Arcis Rp. 20 ribu/ Kg

Keladi Rp. 7 ribu/ Kg

Jahe Rp. 18 ribu

Kunyit Rp. ribu/ Kg

Kencur Rp. 28 ribu/ Kg

Kemiri biji Rp. 34 ribu/ Kg








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.