Kolom Acha Wahyudi: SEKOLAH MADANIA LEARNING CELEBRATION GRADE 4

0
156

Dalam setahun, masing-masing kelas akan melewati 6 circle Unit of Inquiry atau UOI. Siswa/i mempelajari materi Science, Sosial Studies, Bahasa, Olahraga dan Art dengan cara yang menyenangkan. Tema kali ini adalah “Where we are in place and time”.

Anak-anak mempelajari bangsa-bangsa dan negara di dunia; di mana letak geografisnya, bagaimana adat istiadat dan budayanya, apa bahasa yang mereka gunakan, seperti apa model busana yang mereka kenakan dan lain sebagainya.

Dalam setiap materi, UOI yang dipelajari dalam kurun waktu tertentu dan akan diakhiri dengan sebuah pertunjukan yang dikemas dalam Learning Celebration.

Dalam masa waktu sekitar 2 bulan, dengan penuh suka cita mereka berlatih untuk perform di hadapan guru dan orangtua, membuat booth, alat peraga dan mempersiapkan presentasi atas apa yang telah mereka pelajari.

Kali ini, Himalaya dan 5 temannya mendapat kesempatan menampilkan busana tradisional dan presentasi tentang Bangsa Turki. Teman-teman grade 4 yang lain menampilkan banyak budaya bangsa lainnya.

Dengan metode pembelajaran active learning PYP-IB seperti ini, anak-anak akan lebih mudah memahami, menghargai dan menerima perbedaan budaya di seluruh dunia sehingga akan menciptakan generasi dengan wawasan luas melampaui batas cakrawala.

Posted by Acha Wahyudi on Wednesday, October 31, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.