Pemko Medan Serius Dalam Pengembangan Bank Sampah

0
125

MAJA BARUS. MEDAN — Permasalahan sampah di Kota Medan sedang dalam tahap penanggulangan. Masyarakat Kota Medan menghasilkan sampah 2000 ton per hari. Untuk itu perlu penanggulangan sampah yang lebih serius dan dapat melibatkan langsung masyarakat. Bank sampah merupakan salah satu solusi untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah oleh warga yang nantinya disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Medan (Drs. H. T. Dzulmi Eldin S MSi MH) diwakili Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Muhammad Husni SE MSi) dalam acara Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah di Kota Medan, bertempat di Andaliman Hall [Senin 19/11].




Lanjut Husni, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan meluncurkan bank sampah sebagai inovasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus membantu pemerintah mengurangi volume sampah di Kota Medan.

“Bank sampah ini kita bentuk untuk menanggulangi bertumpuknya sampah yang ada saat ini. Dan juga dengan adanya Bank Sampah ini nanti kita dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mendaur ulang sampah yakni mendaur ulang menjadi kompos, tas dan sebagainya,” ujar Husni.

Husni menambahkan bahwa nantinya sampah-sampah yang ada akan dipilah sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Jadi masyarakat setempat akan mudah jika ingin mengolah menjadi lebih berguna lagi nantinya.

“Nantinya sampah-sampah tersebut akan dipilah terlebih dahulu sesuai kelompoknya misalnya sampah organik dan anorganik. Hal ini akan diberlakukan di tiap kecamatan di Kota medan agar masyarakat gampang untuk mengelola atau mendaur ulang sampah menjadi bahan yang bergunan nantinya,” tambah husni.

Sebelum mengakhiri sambutan, Husni juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang selain menggelar sosialisasi ini, juga memberikan bantuan sebanyak 3 becak bermotor pengangkutan sampah kepada beberapa bank sampah yang ada di Medan.

Selanjutnya Anggota Komisi VII DPR RI (H. Abdul Wahab Dalimunthe) mengapresiasi keseriusan Pemko Medan dalam pengembangan bank sampah di ibu kota Sumatra Utara ini. Keseriusan itu dibuktikan dengan telah terbentuknya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

“Memang tanpa dukungan dari kepala daerah dan jajarannya, sebaik apa pun program pengembangan bank sampah ini tidak akan berjalan dengan baik,” ucap Wahab dalam acara yang juga dihadiri Kasub Sarana dan Prasarana  Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Agus Saefuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medan, Isa Anshari, dan segenap pengelola bank sampah yang ada di Medan.

Wahab mengharapkan Pemko Medan terus melakukan pengembangan sehingga bank sampah bank sampah dapat berkembang dan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat Medan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.