Hama Tikus Menyerang Tanaman Jagung di Pancor Erdareh (Dataran Tinggi Karo)

0
171

DARUL KAMAL LINGGA GAYO. BINTANG MERIAH — Hama tikus menyerang tanaman jagung petani di Perjuman (perladangan) Pancor Erdareh, Desa Bintang Meriah (Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo). Ada sejumlah lahan jagung yang telah mengalami serangan hama tikus ini.

Rata-rata setiap lahannya sebanyak  30-50% yang tanaman jagungnya digigit oleh tikus. Bahkan ada lahan jagung yang mengalami kerusakan akibat digigit tikus sebanyak 60%.

Rata-rata umur jagung di Perjuman Pancor Erdareh sekitar 1 bulan hingga 3 bulan. Serangan terjadi dimana tikus-tikus mengerat batang jagung di saat umurnya masih kurang dari 1 bulan. Ini memaksa petani untuk melakukan tanam ulang bila masih mau memanen jagung pada musim tanam tahun ini.

Pa Mangkok Sinulingga adalah petani yang lahannya rusak sebanyak 60% akibat diserang hama tikus ini. Luas tanaman jagungnya 3 ribu meter bujur sangkar. Menurut perhitungan normal, tanaman jagung seluas ini biasanya menghasilkan panen jagung sebanyak 3 ton.

Dengan perhitungan harga Rp. 5 ribu/ Kg, maka lahan jagung ini biasanya menghasilkan panen uang sebanyak Rp. 15 juta. Bila tidak dilakukan tanam ulang, maka Pa Mangkok akan memanen hanya Rp. 9 juta.

Daerah Perjuman Pancor Erdareh, Desa Bintang Meriah Kecamatan Kutabuluh)




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.