Kolom Ganggas Yusmoro: PSI PARTAI BERNYALI

0
554

Selama ini banyak temen minta pendapat soal partai baru besutan Grace Natalie. Namun, selama ini kujawab dengan senyum-senyum saja, tidak satu katapun keluar. Kenapa? Kupikir, semua partai baru tentu berusaha mencari perhatian publik dengan statement simpati.

Ketika PSI membuat jargon partai bersih. Partai anti Korupsi, partai yang akan bersuara keras soal toleransi, tentu ya harus maklum. Maklum semaklum-maklumnya.

Persoalannya, sehebat apapun PSI mencari simpati, namun secara faktual PSI belum teruji. Belum digodhog di kawah Condro Dimuko. Belum terkontaminasi para serigala berdasi yang ada di bawah Gedung DPR.

Saya beranalogi, Jika PSI itu seorang juru masak, atau seorang kapten kapal, PSI belum menunjukkan hasil masakan yang nyamleng dan maknyus. Atau jika seorang kapten kapal, sang kapten kapal tersebut belum pernah berlayar di ganasnya ombak samudra. Kira-kira baru kompal kampul di balik tebing. Gitulah.

Namun, ketika Sang Ketua Umum yang lumayan cantik tiba-tiba bersuara keras bak auman singa betina menolak Perda Syariah dan Perda Injil, jujur saya terperangah.

“Wuiihhh. bernyali amat dara cantik ini, ya? Apa siap menantang badai?” itu batinku.

Dan itu terbukti. Angin badai berputar-putar siap menerjang dan menerkam Sang Ketua Umum.

Yang makin membuatku terbengong lama, nyali seorang Grace Natalie bukannya surut. Eee …. malah berdiri kokoh menghadang dan meradang para begundal politik yang melaporkan statementnya. Sudahlah cantik, cerdas, bernyali dan berani pula.

Jika tetap konsisten dengan mewakili keinginan manusia waras di Indonesia, saya yakini PSI akan menenggelamkan partai-partai yang cuman bisa bermodalkan primordialisme serta politik identitas seperti halnya PKS, PAN atau bahkan Gerindra.

Bravo PSI. Maju terus pantang mundur. Konsistensi adalah segalanya!!




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.