Kolom Sanji Ono: BANK INDONESIA (BI) ITU APA, SIH?

0
382

Nur: “Mas emang bisa kita minjam duit ke BI?”

 

Ya, ngak bisa lah. BI itu tugasnya mengontrol transaksi antara perbankan. Di BI ada buku dosa. Namanya BI Cheking. Di situ dicatat riwayat seluruh kredit atau pinjaman yang pernah kita lakukan mulai kredit panci, mobil sampai rumah. Berapa nilainya, kapan akadnya, macet atau tidak. Semuanya tercatat dengan lengkap.

Tapi, wewenang tersebut sekarang sudah di OJK.




BI juga bertanggungjawab atas situasi moneter yang terjadi di Indonesia. Mereka bisa menaikan dan menurunkan suku bunga untuk menjaga kestabilan transaksi dan mengintervensi pasar untuk menjaga nilai mata uang, dalam hal ini rupiah.

Nur: “Lah, terus kenapa Oom Wowo bilang kreditnya ditolak BI, mas?”

Ada 3 kemungkinannya. Pertama, mungkin beliau waktu bawa berkas kredit sedang lelah. Jadi, nggak bisa bedain mana Kantor BI mana Kantor BCA/ Ke dua, beliau kena BI Cheking Called 2, 3 atau bahkan 5. Mungkin dulu pernah beli kuda pakai kartu kredit. Nah, beliau lupa bayar cicilan kartu kreditnya.

Terakhir, mungkin Mas Wowo nggak faham tugas dan wewenang BI. Ini FATAL. Bayangkan beliau itu Capres, loh. Seandainya menang di Pilpres 2019 nanti, tapi nggak faham tugas dan wewenang BI, mau jadi apa negara ini?

Nur: “Ooh … gitu, toh. Lah, beneran bisa hancur Indonesia nanti kalau kayak gini presidennya. Jadi, ngajukan kredit ke BI itu kayak orang mau berobat datang ke Dinas Kesehatan, eh …. sama orang dinasnya disuruh ke Puskesmas, ya, mas..”

Ya, begitulah kura-kura..







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.