Rapat Kerja DPW IWO Sumut 2018 Berjalan Sukses

JEBTA B. SITEPU. BERASTAGI — Rapat Kerja Dewan Pengurus Wilayah ‘Ikatan Wartawan Online Sumatera Utara’ (DPW IWO Sumut) masa bakti 2017-2022 berjalan sukses. Rapat Kerja yang diselenggarakan di Berastagi terlaksana sesuai rencana [Jumat 23/11 – Minggu 25/11]. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Raket 2018 Fadli Syaputra. Fadli menambahkan, Raker berjalan dengan baik, jumlah peserta yang hadir membuktikan antusiasme mengikuti Raker ini.

Tidak hanya itu, Ketua IWO Sumut, pengurus dan para anggota IWO Sumut juga hadir sebagai peserta Raker.

Fadli menjelaskan, agenda Raker diisi dengan Sidang Paripurna I, Sidang Paripurna II dan Sidang Paripurna III. Sidang-sidang Paripurna ini mambahas tentang agenda acara dan tata tertib sidang serta pengesahannya. Pembahasan peraturan organisasi dan pengesahannya. Serta pembahasan proyek kerja kepengurusan serta jadwal proyek kerja dan pengesahannya.




Sidang Paripurna itu sendiri dipimpin langsung oleh Dewan Kehormatan DPW IWO Sumut (Iil Askar Mondza dan Ryan Achdiral Juskal). Sementara itu, di kesempatan yang sama, Ketua IWO Sumut (Mei Leandha) dalam sambutannya mengatakan tidak terasa hampir setahun dirinya memimpin DPW IWO Sumut. Banyaknya dinamika organisasi yang bermunculan mulai dari persoalan kecil secara internal, tidak berfungsinya berbagai posisi struktural kepengurusan seperti wakil ketua dan sekretaris dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

Ini semua mengakibatkan minimnya garis koordinasi terhadap situasi dan kondisi yang terjadi. Sampai harus dilakukannya restrukturisasi, belum lagi persoalan berkembang lainnya yang memancing emosi, menguras pikiran, tenaga dan waktu.

“Namun, akhirnya, kita yang bertahan dan masih menjaga tujuan organisasi berkumpul hari ini di sini,” ujarnya.

Agenda selanjutnya adalah membersihkan nama IWO Sumut yang sebelumnya dikenal sebagai kumpulan “wargad” menjadi kumpulan jurnalis berkualitas, layak dan idealis. Ini bisa dibuktikan dengan bergabungnya media-media main stream yang dikenal sangat selektif dalam memilih organisasi tempatnya bernaung. Apalagi kompetitor yang ada tidak bisa dipandang sebelah mata seperti PWI, AJI dan lainnya.

Berdasarkan hal-hal seperti yang disebut di atas, beban awal diberikan kepada empat bidang yang ada dalam struktur pengurus IWO Sumut yaitu bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan (OKK) yang dipimpin Prayugo Utomo dari jawapos.com. bidang penelitian, pengembangan dan sumber daya manusia (Litbang dan SDM) yang dipimpin Bagus Syahputra dari Sumutpos. Co.




Bidang hukum dan hubungan masyarakat antar lembaga yang dipimpin Fadli Syaputra dari medanheadlines.com dan bidang hubungan masyarakat dan informasi komunikasi (Humas dan Infokom) yang dipimpin Rido Edward Sitompul dari sinarindonesiabaru.com.

Ketua IWO Sumut pun berharap pasca rapat kerja ini, kerjasama dengan Pelindo 1 akan dilakukan dengan membentuk kelompok jurnalis pelabuhan yang juga akan melakukan UKW dan kajian tematik terkait kepelabuhan di wilayah kerja Pelindo 1. Proyek lainnya adalah bekerjasama melakukan identifikasi masalah di delapan Kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba.




“Out put-nya melahirkan solusi dan rekomendasi bersama, kerjasama berkelanjutan dan buku yang menjadi bukti kerja julnalistik,” tegasnya.

Kegiatan Raker tersebut pun ditutup dengan foto bersama Ketua IWO Sumut, pengurus dan anggota serta para peserta Raker IWO Sumut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.