Jalan Pasir Mbelang - Pamah - Kutabuluh Berteng (Kecamatan Taneh Pinem, Dairi)

JENDARAS GINTING. KABANJAHE — Hari ini [Rabu 28/11], cuaca Kabanjahe dan seitarnya cerah dari pagi sampai sore pukul 16.00 wib. Tapi, pada pukul 16.30 wib, cuaca mendung dan diprediksi akan turun hujan.

Warga di Kabanjahe umumnya mengeluh karena hujan terus menerus karena mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Berbeda halnya dengan petani jagung di Karo Berneh seperti di Kecamatan Tigabinanga, Kecamatan Juhar, Kecamatan Lau Baleng dan dan Kecamatan Mardinding. Begitu juga halnya dengan Kecamatan Taneh Pinem dan Kecamatan Tiga Lingga yang, meskipun masuk wilayah Kabupaten Dairi, adalah merupakan wilayah tradisional pemukiman Suku Karo sehingga masuk juga ke Karo Berneh.




Warga Kabupaten Dairi yang umunya adalah petani jagung merasa gembira karena pada musim ini tanaman jagung mereka tidak kekurangan hujan. Para petani jagung di Karo Berneh begitu gembira melihat tanamannya yang subur dengan buah yang lumayan besar.

Diperkirakan pertengahan Desember nanti jagung sudah bisa dipanen dan petani mengharapkan harga yang stabil di kisaran Rp. 3.000 – 4.000/ kg. Begitu juga dengan kondisi jalan dari desa-desa menuju ke jalan besar (Medan – Kotacane) yang rusak parah. Para petani sering mengeluhkan kondisi jalan ini.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.