Video pilihan redaksi SORA SIRULO kali ini adalah sebuah lagu Suku Karo berjudul Mbuah Ko Page ciptaan komponis nasional asal Dataran Tinggi Karo, Djaga Depari.

Clip ini diawali dengan permintaan kepada seorang penjual es krim bersepeda.




Uniknya dengan pembukaan clip ini, seorang penjual es krim bersepeda seperti itu biasanya adalah perantau Jawa yang tinggal di Medan, sedangkan clip dibuat di Dataran Tinggi Karo. Saat perayaan HUT Kemerdekaan RI. Dari cara pengucapan dan capingnya jelas sekali dia adalah dari Suku Jawa.

Para penjual es krim biasanya pagi-pagi berangkat dari Medan dengan menumpang bus. Sepeda dan es krimnya dinaikkan ke atap bus. Nanti mereka pulang dengan mengendarai speedanya karena jalanan Berastagi – Medan menurun curam.

Hal sangat unik memang di Dataran Tinggi Karo, selain di kota-kotanya seperti Berastagi, Kabanjahe, dan Tigabinanga, hingga ke desa-desa kita bisa temukan warung-warung pecal atau mie goreng yang dijual oleh perempuan-perempuan dari Suku Jawa. Hal seperti ini sangat langka di kabupaten-kabupaten lain di Sumut yang penduduknya tidak mayoritas Suku Karo atau Suku Jawa.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.