Sirulo TV: HARGA SAYUR MAYUR DI PASAR INDUK MEDAN PAGI TADI STABIL

0
331

Laporan ELISABETH BARUS (Medan)

 

Elisabeth BarusHarga sayur mayur di Pasar Induk Lau Cih (Medan) pada umumnya stabil pagi dini hari tadi [Selasa 11/12]. Kenaikan lumayan menonjol tejadi pada tomat dari Rp. 7.500/ Kg ke Rp. 8.500/Kg. Bawang merah beranjak naik (pagi tadi Rp. 24.000/ Kg). Sedangkan harga jahe tetap tinggi (pagi tadi Rp. 25.000/ Kg. Harga daun prei juga naik setelah sempat anjlog ke harga Rp. 15.000/ Kg.

Pagi tadi, harga daun prei di Pasar Induk Lau Cih (Medan) telah mencapai Rp. 25.000/ Kg.

Peyebab kenaikan harga tomat adalah karena turunnya hujan terus menerus di  Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) (Baca beritanya di SINI), khususnya sekitar Berastagi yang merupakan pusat penghasil tomat Sumatera Utara .

Sejak Jaman Kolonial, Berastagi sekitarnya telah menjadi pusat pemasok utama tomat ke Kota Medan dan daerah-daerah lainnya di Sumut. Selain udaranya sejuk dengan ketinggian berkisar 1.300 meter DPL (Dari Permukaan Laut), sehingga cocok dengan tanaman tomat, tanahnya juga subur akibat letusan Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak ratusan tahun lalu serta baru-baru ini letusan Gunung Sinabung.

Adapun kenaikan harga bawang merah disebabkan oleh habisnya stock yang disimpan oleh para pedagang. Pedagang mengeluarkan stock yang mereka simpan selama ini karena musim panen bawang merah di Dataran Tinggi Karo dan tepian Danau Toba telah berlalu.

Harga jahe cukup menggemberikan para petaninya karena telah lama harga tetap tinggi. Penyebab tingginya harga jahe ini adalah meningkatnya kebutuhan jahe di Pulau Jawa, khususnya Jakarta, dan ekspor ke luar negeri. Ekspor terutama banyak ke India dan Arab Saudi serta sebagian lagi ke Belanda. Harga jahe pagi tadi di Pasar Induk Lau cih Medan adalah Rp. 25.000/ Kg.

Kenaikan harga daun prei menurut penelusuran Sora Sirulo terkait dengan mulainya pesta-pesta perayaan Hari Natal di Bulan Desember ini yang biasanya dilengkapi dengan sajian makanan-makanan tradisional. Daun Prei sangat dibutuhkan untuk bahan sop serta lomok-lomok (makanan khas Suku Karo) dan sassang (saksang) (makanan khas Suku Batak) yang bahan dasarnya adalah daging dicampur darah ternak (babi atau lembu dan kerbau).

Berikut ini daftar harga berbagai jenis sayur/ bahan bumbu makanan di Pasar Induk Lau Cih (Medan) yang sempat dicatat oleh reporter anda.

Kol Rp. 3 ribu/ Kg

Sayur Pahit Rp. 4 ribu/ Kg

Sayur putih Rp. 2.300/ Kg

Bunga Kol Rp. 8 ribu/ Kg

Tunas kol Rp. 5 ribu/ Kg

Brokoli Rp. 10 ribu/ Kg

Kentang Rp. 4.800/ Kg

Jipang besar Rp. 35 ribu/ rajut

Anak jipang Rp. 35 ribu/ 10 Kg

Terong antaboga Rp. 3.500/ kg

Cabe ijo Rp 8 ribu/ Kg

Cabe merah Rp. 15 ribu/ Kg

Cabe Rawit Gunung (cina cur Gugung) Rp. 25 ribu/ Kg

Cabe rawit bencong Rp. 13 ribu/ Kg

Bawang merah Rp. 24 ribu/ Kg

Bawang putih Rp. 15 ribu/ Kg

Jahe Rp. 25 ribu/ Kg

Lengkuas Rp. 5 ribu/ Kg

Wortel Rp. 7.500/ Kg

Tomat Rp. 8.500/ Kg

Buncis Rp. 5 ribu/ Kg

Sayur botol Rp5 ribu/ Kg

Arcis Rp. 25 ribu/ Kg

Daun prei Rp. 25 ribu/ Kg

Selada Rp. 12 ribu/ Kg

Kemiri Rp. 34/ Kg

Asam potong Rp. 20 ribu/ Kg


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.