Kolom Bastanta P. Sembiring: INFRASTRUKTUR (Sekarang Lagi Musim Hujan)

Bastanta P. Sembiring 1Beberapa daerah di Indonesia sangat rawan banjir dan longsor. Cuaca buruk akan terus berlangsung sepanjang tahun di negara tropis seperti Indonesia ini. Kita harus terus bersiap dan waspada. Terputusnya arus lalulintas akibat longsor yang menutupi jalan seperti di Dataran Tinggi Karo atau ambruknya jembatan di Sumbar, tentu bukan saja mengganggu mobilitas penduduk. Turut juga mengganggu arus lalulintas barang yang di dalamnya bisa termasuk pasokan sembako, BBM, alat kesehatan, dsb.

Efeknya, bukan hanya soal lambat sampainya saja. Jika berlangsung lama, tentu akan terjadi kelangkaan yang kemudian mengakibatkan terjadinya kenaikan harga.

Melihat kondisi alam Indonesia yang rawan bencana, tentu harus memiliki persiapan dengan membangun infrastruktur yang baik. Jika terjadi suatu bencana, penanganannya tidak akan memakan waktu lama. Jika kualitas pembangunannya baik, potensi kerusakan parah dan meluas pun dapat diminimalisir. Atau akses menuju bencana yang tidak sulit untuk proses perbaikan, serta mungkin tersedia akses alternatif pendukung.

longsor 6
Longsor di Dataran Tinggi Karo. Foto: PELIN DEPARI

Bayangkan satu daerah misalkan jembatannya terputus dan akses menuju jembatan itu sangat sulit. Tentu perbaikannya akan butuh waktu lama, karena sulit untuk mengangkat material dan alat berat untuk perbaikannya. Atau misalkan tidak ada akses jalan lainnya menuju lokasi. Maka dapat dipastikan daerah itu akan terisolir dan lumpuh total.

Kita memang bukan memakan infrastruktur maupun aspal, tetapi dengan tersedianya infrastruktur yang baik, kita semakin mudah cari makan.

Mejuah-juah Indonesia

One thought on “Kolom Bastanta P. Sembiring: INFRASTRUKTUR (Sekarang Lagi Musim Hujan)

  1. “. . . dengan tersedianya infrastruktur yang baik, kita semakin mudah cari makan.”
    Ini dia, gampang dan sederhana melukiskan arti infrastruktur bagi ekonomi dan masyarakat.
    Salam

    MUG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.