Bupati Karo Lantik 17 Kades Lagi Hasil Pilkades Serentak

0
562

B. Kurni P.P.B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) melantik  sebanyak 17 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak susulan tahap dua pada Oktober 2018 lalu. Pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji ini diselengarakan di Jambur Pemkab Karo, Kabanjahe [Jumat 14/12].

Terkelin dalam sambutannya mengatakan, acara pelantikan dan pengambilan sumpaj janji bagi kepala desa terpilih merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan kepala desa yang dilaksanakan secara demokrasi.

“Kepada para kepala desa yang baru saja dilantik, pekerjaan yang sangat berat telah menanti saudara sesuai dengan janji dan sumpah yang telah saudara ucapkan. Laksanakan amanah dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab untuk menata dan memajukan desa, serta membangun kemitraan bersama, sehingga secara kolektif, kesejahteraan masyarakat desa dapat meningkat secara pasti ke arah yang lebih baik,” papar Terkelin.

kepdes 2
Terkelin Brahmana saat melantik 17 Kades baru di Jambur Pemkab Karo, Kabanjahe.

Selanjutnya dia mengatakn, paradigma pemimpin di era modern sekarang ini harus mampu menjadi pelayanan masyarakat, bukan lagi sikap kepemimpinan yang cenderung dilayani.

“Harus pula peka dan respon terhadap persoalan sosial di desa,” imbuh Terkelin.

Terkelin juga berharap agar para kepala desa dapat menghimbau masyarakatnya mulai sekarang merubah pola pikir untuk produktif, masyarakat desa harus mampu hidup mandiri dengan potensi yang dimiliki. Kita perlu membangun produk lokal yang ada di desa kita untuk dijadikan komoditi unggulan dan khas desa agar dapat dikembangkan menjadi sebuah produk barang dan jasa yang bernilai ekonomis.

“Untuk itu, pekerjaan utama yang harus saudara lakukan adalah bagaimana menata kembali masyarakat sebagai konsekuensi logis dari adanya pemilihan kepala desa. Perlu diingat, tujuan kita adalah tetap satu, yaitu membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkap Bupati Karo.

Secara bersamaan, setelah pelantikan kepala desa ini, diadakan pelantikan Ketua TP.PKK Desa oleh Ketua TP PKK Kecamatan dari desa masing-masing.

kepdes

Adapun 17 Kades yang dilantik yakni: Kades Lau Gumba (Kecamatan Berastagi) (Benny Bangun), Kades Sampun (Kecamatan Dolatrayat) (Gunung Mas Bukit), Kades Nangbelawan (Kecamatan Simpangempat) (Suprianto Perangin-angin), Kades Gurukinayan (Kecamatan Payung) (Amelia br Singarimbun) dan Kades Mbayak (Kecamatan Tigapanah) (Wakil Sembiring).

Kemudian, Kades Salit (Kecamatan TigapPanah) (Arianda Purba), Kades Lambar (Kecamatan Tigapanah) (Gelora Sitepu), Kades Suka Sipilihen (Kecamatan Tigapanah) (Alexander Barus), Kades Sukatepu (Kecamatan Namanteran) (Edison Ginting) dan Kades Polatebu (Kecamatan Kutabuluh) (Adil Sebayang).

petani karo

Selanjutnya Kades Pernantin (Kecamatan Juhar) (Romus Bangun), Kades Juhar Ginting (Kecamatan Juhar) (Deddy Martin Ginting), Kades Kidupen (Kecamatan Juhar) (Sudirman Pinem), Kades Kutambarupunti (Kecamatan Tigabinanga) (Iskandar Muda Sembiring), Kades Pertumbuken (Kecamatan Tigabinanga) (Jeremia Kaban), dan Kades Batumamak (Kecamatan Tigabinanga) (Herdianto Karo-karo) dan Kades Baturongkam (Kecamatan Laubaleng) (Suardi Simangunsong).

Hadir dalam acara trsebut Wakil Bupati Karo (Cory S Sebayang), Wakapolres TK (Kompol Eduward Saragih), Anggota DPRD Karo (Frans Danthe), dari Danramil Berastagi Dim 0205/TK (Mayor Muchtar), Ketua TP. PKK Kabupaten Karo (Ny. Sariati Terkelin Brahmana), para Asisten, Pimpinan OPD dan para Camat, Kepala BNNK Karo (AKBP Heppy Karo-karo), Muspika Kecamatan, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.